Partai Buruh Ingin Usung Said Iqbal Jadi  Capres di Pilpres 2024

Partai Buruh tengah tuntaskan administrasi untuk verifikasi

Jakarta, IDN Times - Hanya sehari setelah deklarasi pendirian partai, Ketua Mahkamah Partai Buruh Riden Hatam Azis membenarkan, ada keinginan dari partainya untuk mengusung Presiden Partai Buruh Said Iqbal, sebagai calon presiden (capres) di Pemilu 2024.

"Tentu dengan kami para serikat buruh membuat partai ini, ada keinginan kuat untuk mengusung orang-orang terbaik kami (Said Iqbal)," ujar Riden saat dihubungi, Rabu (6/10/2021).

"Ya untuk saat ini memang figur pemimpin, pemimpin Partai Buruh, salah satunya Beliau (Said Iqbal), untuk saat ini ya," lanjut Riden saat dikonfirmasi betul tidaknya Partai Buruh ingin mengusung Said Iqbal jadi capres di 2024 mendatang.

Baca Juga: Kebangkitan Partai Buruh Hanya Ambisi Pribadi Said Iqbal?

1. Partai Buruh tengah tuntaskan administrasi untuk verifikasi agar bisa ikut Pemilu 2024

Partai Buruh Ingin Usung Said Iqbal Jadi  Capres di Pilpres 2024Sejumlah buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) berunjuk rasa di kawasan Patung Kuda, Jakarta, Senin (12/4/2021). (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Riden mengatakan, saat ini Partai Buruh masih menyelesaikan administrasi verifikasi KPU dan Kementerian Hukum dan HAM agar bisa ikut Pemilu 2024. Terkait rencana koalisi dengan partai politik (parpol) di Pemilu 2024 nanti, Riden mengatakan masih terlalu dini untuk membicarakan hal tersebut.

"Terkait nanti di 2024 berkoalisi dan lain sebagainya, bagi kami terlalu dini kalau untuk bicara itu sekarang," kata dia.

"Bahkan kami juga menyakini, masyarakat, sebagian masyarakat umum sudah jenuh, yang selama ini sudah tidak respect dengan partai-partai yang ada, tentu akan cari partai-partai alternatif. Nah Partai Buruh adalah partai alternatif dari pilihan-pilihan mereka itu," dia menambahkan.

2. Ini susunan pengurus Partai Buruh

Partai Buruh Ingin Usung Said Iqbal Jadi  Capres di Pilpres 2024Presiden Partai Buruh, Said Iqbal saat bicara di Kongres Partai Buruh, Selasa (5/10/2021)

Sebelumnya, Said Iqbal resmi terpilih menjadi Presiden Partai Buruh 2021-2026. Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) itu terpilih dalam deklarasi dan kongres Partai Buruh ke-4 yang digelar pada 4-5 Oktober di Hotel Grand Cempaka, Jakarta.

Dalam konferensi pers yang digelar pada Selasa (5/10/2021), Said Iqbal mengumumkan nama-nama pengurus Partai Buruh 2021-2026. 

Berikut nama-nama pengurus Partai Buruh 2021-2026:

Presiden Partai Buruh: Said Iqbal
Wakil Presiden Partai Buruh: Agus Supriyadi
Sekretaris Jenderal Partai Buruh: Ferri Nuzarli
Bendahara Umum Partai Buruh: Luthano Budyanto
Ketua Badan Pendiri (Majelis Rakyat) Partai Buruh: Sonny Pudjisasono
Ketua Majelis Nasional Partai Buruh: Agus Ruli Ardiansyah
Ketua Mahkamah Partai Buruh: Riden Hatam Azis

"Susunan kepengurusan lain kita punya ketua bidang dan seterusnya, sekretaris bidang dan ada deputi-deputi, ada 20 ketua bidang yang akan duduk di kepengurusan Partai Buruh. (Lalu) ada bapilu ideologi, kader dan sebagainya," Iqbal menambahkan.

Baca Juga: Ketum KASBI Nining Elitos Tak Ada di Partai Buruh, Kenapa?

3. Partai Buruh tegaskan tidak menerapkan dinasti keluarga

Partai Buruh Ingin Usung Said Iqbal Jadi  Capres di Pilpres 2024Pelantikan pengurus Partai Buruh, Selasa (5/10/2021)

Said Iqbal mengatakan, partainya tidak menerapkan dinasti keluarga. Menurutnya, Partai Buruh merupakan partai rakyat.

"Ini bukan partai dinasti, ini bukan partai keluarganya Iqbal atau Sonny (Ketua Majelis Rakyat Partai Buruh Sonny Pudjisasono), ini bukan partai yang hanya karena orang punya uang bisa memiliki partai, tidak. Ini partai rakyat," kata Iqbal saat bicara di Kongres Partai Buruh, Selasa (5/10/2021).

Ia mengatakan, semua kader Partai Buruh memiliki hak dan suara yang sama. Iqbal tidak ingin ada pertengkaran di internal Partai Buruh.

"Jangan konflik, rangkul, cari jalan yang terbaik. Kita ingin bekerja, bukan sekadar jabatan," ujarnya.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya