Terima 10 Honoris Causa, Ini Pesan Megawati pada Anak Muda 

Megawati terima gelar doktor honoris causa dari Malaysia

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, berharap pencapaiannya memperoleh 10 gelar doktor honoris causa dari berbagai kampus dunia dapat menginspirasi generasi muda agar jangan mudah menyerah.

“Saya sebenarnya ingin menginisiasi generasi muda, baik laki-laki maupun perempuan, untuk jangan lelah, jangan merasa tidak bisa,” kata Megawati usai menerima gelar doktor kehormatan bidang ilmu sosial dari Universiti Tunku Abdul Rahman (UTAR) di Selangor, Malaysia, dilansir ANTARA, Senin (2/10/2023).

Baca Juga: Megawati Heran Dibilang Sombong karena Sebut Jokowi Petugas Partai

1. Megawati bakal dapat empat gelar honoris causa lagi

Terima 10 Honoris Causa, Ini Pesan Megawati pada Anak Muda Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Megawati mengaku dirinya banyak belajar sendiri atau otodidak, dan tidak mudah untuk mendapatkan banyak penghargaan seperti itu.

“Honoris causa itu sebenarnya sebuah penghormatan yang diberikan pada orang-orang yang telah melakukan suatu hal secara ilmiah, jadi bukan hanya teori, tapi juga dalam pelaksanaannya,” kata Presiden kelima RI itu.

Megawati merasa sangat terhormat mendapat gelar doktor honoris causa yang ke-10 itu. Ia juga mengungkapkan saat ini empat gelar yang sama sedang menunggu, dan dua gelar profesor kehormatan.

Putri Presiden pertama RI Sukarno itu mendorong agar para ahli di Indonesia menyumbangkan pemikirannya bagi nusa dan bangsa.

2. Megawati dianggap berjasa pada Indonesia dan Malaysia

Terima 10 Honoris Causa, Ini Pesan Megawati pada Anak Muda Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (IDN Times/Aldzah Fatimah Aditya)

Sementara, President of UTAR, Profesor Dato’ Dr. Ewe Hong Tat merasa bangga dan bahagia karena dapat menyampaikan ijazah terhormat kepada Megawati.

“Ini memang suatu kejayaan yang kami rasakan karena DR Hajjah Megawati telah banyak menyumbangkan kepada negara Indonesia dan negara Malaysia dan serantau ASEAN," ujar Dr. Ewe.

Ia mengatakan apa yang dilakukan Megawati untuk membantu banyak orang, merupakan inspirasi bagi semua pihak untuk selalu belajar dan bekerja keras agar juga dapat berjasa bagi masyarakat dan negara.

Baca Juga: Rakernas IV PDIP Amanatkan Megawati Umumkan Cawapres Ganjar

3. Deretan gelar honoris causa Megawati

Terima 10 Honoris Causa, Ini Pesan Megawati pada Anak Muda Megawati Soekarnoputri dalam acara Jeju Forum for Peace and Prosperity tahun 2022 di Korea Selatan (dok. PDIP)

Megawati sebelumnya sudah menerima gelar honoris causa hingga sembilan kali. Pertama, dari Waseda University of Tokyo, Tokyo, Jepang, 29 September 2001 (Bidang Politik).

Kedua, dari Moscow State Institute of International Relations (MGIMO), Moskow, Rusia, 22 April 2003 (Bidang Politik). Ketiga, dari Korea Maritime and Ocean University, Busan, Korea Selatan, 19 Oktober 2015 (Bidang Politik).

Keempat, dari Universitas Padjajaran (Unpad), Bandung, 25 Oktober 2016 (Bidang Politik dan Pemerintahan). Kelima, Universitas Negeri Padang (UNP), Kota Padang, 27 September 2017 (Bidang Pendidikan Politik).

Keenam, dari Mokpo National University, Kota Mokpo, Korea Selatan, 16 November 2017 (Bidang Demokrasi Ekonomi). Ketujuh, dari Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Bandung, 8 Maret 2018 (Bidang Politik dan Pemerintahan).

Kedelapan, Fujian Normal University (FNU), Fuzhou, Fujian, Tiongkok, 5 November 2018 (Bidang Diplomasi Ekonomi). Dan kesembilan, dari Soka University Japan, Tokyo, Jepang, 8 Januari 2020 (Bidang Kemanusiaan).

Selain itu, Megawati telah menerima dua gelar profesor kehormatan yakni dari Seoul Institute of the Arts (SIA), Seoul, Korsel, 11 Mei 2022 (Bidang Ilmu Kebijakan Seni dan Ekonomi Kreatif) dan Universitas Pertahanan (Unhan) RI, Bogor, 11 Juni 2021 (Bidang Ilmu Kepemimpinan Strategik).

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

https://www.youtube.com/embed/YvSvcKPgB40

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya