Sandiaga Mengaku Lebih PD Maju di Pilkada Jakarta Ketimbang Jabar

Sandiaga belum dapat tugas dari PPP maju di Pilkada

Jakarta, IDN Times - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, mengatakan dirinya lebih percaya diri maju pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) DKI Jakarta ketimbang Jawa Barat (Jabar), meskipun sedikitnya ada dua partai politik yang mengusulkan dia maju di Jabar.

"Kalau DKI (Jakarta) saya jauh lebih kenal, karena pernah mengikuti pilkada dan menjabat sebagai wakil gubernur, tapi belum ada penugasan (untuk maju) di DKI, jadi sabar dulu menunggu penugasan," kata Sandiaga di Gedung Sate Bandung, Jawa Barat, dilansir ANTARA, Minggu (21/7/2024).

1. Sandiaga perlu kerja keras jika maju di Pilkada Jabar

Sandiaga Mengaku Lebih PD Maju di Pilkada Jakarta Ketimbang JabarMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno bersama GKR Bendara di desa wisata Kulon Progo (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Terkait PKB dan PPP yang mendorong dirinya maju dalam Pilgub Jabar, Sandiaga mengatakan, perlu kerja keras karena Jabar merupakan provinsi yang terbesar di Indonesia dari jumlah penduduk.

"Jabar ini provinsi terbesar dan perlu kerja keras betul. Dan incumbent sendiri memiliki rekaman jejak yang baik, dan hasil berbagai survei menunjukkan incumbent sangat kuat dan diunggulkan di sini. Saya sendiri sebagai kader belum ada penugasan dari partai, termasuk untuk Jabar," ujar Sandiaga.

Baca Juga: Potret Menparekraf Sandiaga Sambangi Festival ARTJOG 2024

2. Sandiaga masih fokus sebagai Menparekraf

Sandiaga Mengaku Lebih PD Maju di Pilkada Jakarta Ketimbang JabarMenparekraf Sandiaga Uno saat mengunjungi Desa Wisata Krebet, Sendangsari, Pajangan, Kabupaten Bantul, DIY, Sabtu (20/7/2024) (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Dengan belum adanya penugasan dari PPP, Sandiaga mengatakan, dirinya kini berfokus pada tugas di kementerian selama tiga bulan ini, untuk mempersiapkan penggantinya.

"Selama tiga bulan terakhir ini, kami harus menyiapkan kementerian untuk pengganti saya. Karenanya kita harus fokus menyelesaikan beberapa tugas dan menyiapkan tongkat estafet," ujarnya.

Sandiaga berharap pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 yang akan berlangsung pada 27 November, terutama di Jabar, berjalan lancar dan aman.

"Untuk keterlibatan tentu partai yang memutuskan dan harus betul-betul dipertimbangkan, karena Jabar adalah provinsi yang besar, sangat luas dengan jumlah penduduk terbesar se-Indonesia. Di samping itu kita harapkan semua pilkada berjalan lancar terlebih Jabar itu barometer," ujarnya.

Baca Juga: Sandiaga Usut Laporan Adanya Orang Dalam di Program Kemenparekraf

3. Sandiaga dikabarkan akan maju di Pilkada Jabar 2024

Sandiaga Mengaku Lebih PD Maju di Pilkada Jakarta Ketimbang JabarMenparekraf Sandiaga Uno saat mengunjungi Desa Wisata Krebet, Sendangsari, Pajangan, Kabupaten Bantul, DIY, Sabtu (20/7/2024) (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Sebelumnya, Sandiaga Uno santer dikabarkan akan meramaikan Pilkada Jawa Barat 2024, setelah nama-nama beken yang sudah muncul, seperti Ridwan Kamil dari Partai Golkar, Dedi Mulyadi dari Partai Gerindra, Ono Surono dari PDIP, dan Ilham Habibie.

Dukungan datang dari Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Rumah Sandi Uno Indonesia (RSI), serta seluruh jaringan RSI di 18 kabupaten dan sembilan kota di Jawa Barat.

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) juga dikabarkan menjadi salah satu partai yang tertarik mengusung Sandiaga yang merupakan petinggi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya