Permudah Penumpang Whoosh, Operasional Exit Tol Km 149 Diperpanjang

Upaya ini permudah penumpang Kereta Cepat Whoosh

Jakarta, IDN Times - Exit Tol KM 149 Tol Padaleunyi yang merupakan salah satu akses menuju Stasiun Tegalluar mengalami perpanjangan jam operasional mulai 23 Desember 2023. Exit tol yang sebelumnya beroperasi pada pukul 07.00 sampai 17.00 WIB, kini selama masa libur Nataru beroperasi mulai pukul 06.00 hingga 22.00 WIB.

General Manager Corporate Secretry KCIC, Eva Chairunisa, mengatakan perpanjangan jam operasional exit tol akan mempermudah penumpang Kereta Cepat Whoosh tujuan Stasiun Tegalluar, yang akan melanjutkan perjalanan dengan kendaraan pribadi.

"Exit Tol Km 149 ini merupakan salah satu akses yang dapat digunakan oleh penumpang untuk mengakses Stasiun Tegalluar. Perpanjangan operasional ini akan semakin memudahkan penumpang yang akan berangkat menggunakan kereta pagi atau pun malam dari Stasiun Tegalluar," ujar Eva.

Baca Juga: KCIC Tambah 8 Perjalanan Kereta Cepat Whoosh di Libur Natal

1. Penumpang tujuan Stasiun Tegalluar juga bisa gunakan layanan shuttle menuju beberapa lokasi di Bandung

Permudah Penumpang Whoosh, Operasional Exit Tol Km 149 Diperpanjang(Dok. KCIC)

Selain melalui akses tol, penumpang dengan tujuan Stasiun Tegalluar juga bisa menggunakan layanan shuttle yang tersedia menuju beberapa tempat di Bandung, di antaranya Summarecon Bandung, Masjid Al Jabbar, Stasiun Gedebage, Trans Studio Mall, Alun Alun Bandung, Pasar Baru, dan Stasiun Bandung.

Eva menagatakan peningkatan aksesibilitas untuk memudahkan penumpang kereta cepat terus dilakukan, mengingat saat ini KCIC secara konsisten terus melakukan penambahan jumlah perjalanan kereta cepat Whoosh, menyesuaikan dari evaluasi berkala yang dilakukan KCIC.

2. KCIC tambah jumlah perjalanan Kereta Cepat Whoosh menjadi 48 perjalanan per hari

Permudah Penumpang Whoosh, Operasional Exit Tol Km 149 Diperpanjang(Dok. KCIC)

Dalam rangka menyambut libur Nataru, KCIC kembali menambah jumlah perjalanan Kereta Cepat Whoosh dari 40 perjalanan menjadi hingga 48 perjalanan per hari. Dengan adanya penambahan tersebut, kapasitas kursi yang disediakan mencapai 28 ribu kursi per hari.

Adapun jam operasionalnya dimulai keberangkatan pertama pukul 06.15 WIB hingga kedatangan terakhir pukul 21.16 WIB.

Baca Juga: Menhub: Popularitas Whoosh Setara Shinkansen

3. Sebanyak 960 ribu tiket Kereta Cepat Whoosh terjual jelang Nataru

Permudah Penumpang Whoosh, Operasional Exit Tol Km 149 DiperpanjangKereta Cepat Whoosh (Dok. KCIC)

Sejak dioperasikan secara komersial hingga 21 Desember 2023, tiket Kereta Cepat Whoosh yang telah terjual mencapai 960 ribu tiket. Berdasarkan survei, sebanyak 55 persen di antaranya merupakan penumpang dengan tujuan berlibur.

"Penambahan perjalanan dilakukan untuk mengakomodir kebutuhan penumpang yang diperkirakan akan melonjak di masa Nataru. KCIC juga akan terus melakukan koordinasi dengan para stakeholder, khususnya yang berkaitan dengan aksesibilitas, sehingga dapat memberikan kemudahan para pengguna jasa kereta Whoosh dari dan menuju stasiun," ujar Eva.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya