Jokowi Perkenalkan Prabowo saat Gala Dinner IAF II Bali

Jokowi sebut RI komitmen perkuat kerja sama negara Afrika

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo memperkenalkan Presiden terpilih Prabowo Subianto dalam acara gala dinner forum internasional, Indonesia-Africa Forum (IAF) II 2024 yang digelar di Bali, Minggu (1/9/2024) malam. 

"Semuanya, saya ucapkan selamat datang di Bali, di Indonesia dan terima kasih atas kehadiran Anda di sini," ujar Jokowi mengawali sambutannya.

1. Jokowi perkenalkan Prabowo dalam acara gala dinner IAF II Bali

Jokowi Perkenalkan Prabowo saat Gala Dinner IAF II BaliPresiden terpilih Prabowo Subianto dalam acara gala dinner IAF II Bali (YouTube Sekretariat Presiden)

Jokowi mengatakan merupakan suatu kehormatan bagi Indonesia untuk menjadi tuan rumah untuk menyelenggarakan konferensi tingkat tinggi Forum Indonesia Afrika kedua ini, untuk memajukan pembangunan global yang inklusif dan berkelanjutan.

Indonesia, kata Jokowi, tetap berkomitmen untuk memperkuat kerja sama dan solidaritas dengan negara-negara di kawasan Afrika, dan juga akan dilanjutkan pemerintahan berikutnya.

"Oleh sebab itu, pada kesempatan yang menggembirakan ini izinkan saya untuk memperkenalkan presiden terpilih Indonesia, Bapak Prabowo Subianto yang akan dilantik bulan depan dan akan memimpin Indonesia ke depannya," ujar Jokowi, yang disambut Prabowo dengan berdiri sambil menganggukan kepala kepada hadirin.

"Terima kasih dan selamat menikmati jamuan makan malamnya. Terima kasih," sambung Jokowi.

Baca Juga: Nilai Kerja Sama RI-Afrika Naik Signifikan di IAF 2 Bali

2. IAF II dihadiri lebih dari 1.400 peserta yang terdiri dari kepala negara, menteri, pengusaha, dan akademisi

Jokowi Perkenalkan Prabowo saat Gala Dinner IAF II Bali(YouTube Sekretariat Presiden)

Diketahui, IAF II mempertemukan lebih dari 1.400 peserta yang terdiri dari kepala negara, menteri, pengusaha, dan akademisi. Acara ini merupakan ajang untuk menciptakan kemitraan di empat sektor utama kerja sama di bidang energi, ketahanan pangan, kesehatan, dan mineral.

Selain aspek kerja sama ekonomi, IAF II juga menjadi platform untuk menghidupkan kembali Bandung Spirit yang menjadi legacy penting dari Konferensi Asia-Afrika 1955, yang menjadi tonggak sejarah sekaligus pondasi penting hubungan Indonesia-Afrika. 

Baca Juga: 7 Foto Gala Dinner IAF II Bali, Xanana Gusmao Sentuh Kepala Jokowi

3. Nilai total komitmen kerja sama pada IAF II 2024 naik signifikan, mencapai 3,5 miliar dolar AS

Jokowi Perkenalkan Prabowo saat Gala Dinner IAF II BaliGala dinner IAF II Bali (YouTube Sekretariat Presiden)

Nilai total komitmen kerja sama Indonesia dengan negara-negara Afrika pada IAF II 2024 diperkirakan naik signifikan, mencapai 3,5 miliar dolar AS dibandingkan dengan yang pertama pada 2018 yang menghasilkan 568 juta dolar AS.

IAF II diselenggarakan bersamaan dengan High-Level Forum on Multi-Stakeholder Partnerships (HLM MSP) pada 1-3 September 2024. Forum ini akan menjadi pintu masuk bagi pelaku bisnis di Indonesia untuk menjalin kerja sama strategis dengan negara-negara Afrika.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya