Demo di DPR Rusuh, Lalu Lintas Arah Senayan Macet Total

Tol Cawang-Slipi ditutup

Jakarta, IDN Times - Demonstrasi penolakan revisi Undang-Undang Pilkada (RUU Pilkada) di depan gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (22/8/2024), berlangsung ricuh. Imbasnya, arus lalu lintas di Jalan Gatot Subroto arah Slipi, Jakarta Barat, macet total.

Petugas terpaksa menutup jalan Tol Cawang-Slipi karena demonstran memasuki jalan tol, sehingga menyebabkan antrean kendaraan arah Senayan mengular.

Pantauan IDN Times pada pukul 17.30 WIB, antrean terjadi mulai dari Kuningan hingga Senayan. Kendaraan nyaris tak bergerak baik di jalan tol maupun di jalan arteri. 

Sedangkan, arah sebaliknya ramai lancar, baik di jalan tol maupun jalan arteri.

Sementara, demonstrasi di depan masih berlangsung ricuh. Demonstran berusaha memasuki gedung DPR dengan menjebol pagar baik di depan maupun sisi samping. 

Polisi pun membalas dengan tembakan gas air mata dan pagar betis. Beberapa demonstran yang diduga sebagai provokator ditangkap aparat.

Diketahui, gelombang protes pecah usai DPR menganulir putusan penting MK No.60/PPU-XXII/2024 dan No.70/PPU-XXII/2024/ terkait pencalonan kepala daerah pada Pilkada 2024. DPR menolak putusan MK dengan merevisi Undang-Undang Pilkada (RUU Pilkada).

Rencananya, DPR hari ini menggelar sidang paripurna untuk mengesahkan RUU Pilkada, namun ditunda sampai waktu belum ditentukan. Pimpinan DPR akhirnya menggelar rapat Badan Musyawarah (Bamus) untuk menjadwalkan ulang rapat paripurna pengesahan RUU Pilkada menjadi undang-undang.

Anggota Fraksi Gerindra Habiburrokhman dan anggota Fraksi PPP Achmad Baidowi yang berusaha menemui demonstran sempat diprotes demonstran. Mereka dilempari botol air mineral. Kepada demonstran, Habiburokhman menyebut DPR tidak akan mengesahkan RUU Pilkada hari ini.

Sementara, Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad, menyampaikan, peserta rapat paripurna hari ini hanya dihadiri 86 anggota dewan. Sedangkan, kuorum minimal 50+1 dari seluruh anggota DPR 575 orang.

Baca Juga: Tol Cawang-Slipi Ditutup, Massa Demo Masuk ke Jalan Tol

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya