Bintang Film Dirty Vote Bivitri Susanti Masuk Bursa Pilkada di PDIP

PDIP masih buka peluang duet Anies-Ahok atau sebaliknya

Jakarta, IDN Times - Sekjen PDIP Haso Kristiyanto mengatakan partainya masih mengkaji kandidat yang akan dicalonkan pada Pilkada DKI Jakarta 2024. Menurutnya, pencalonan di Pilkada Jakarta masih cair.

“Ya, Jakarta kita cermati masih sangat dinamis," ujar Hasto dalam keterangan tertulis, Sabtu (20/7/2024).

1. Sederet kandidat sudah muncul untuk PDIP

Bintang Film Dirty Vote Bivitri Susanti Masuk Bursa Pilkada di PDIPAnies dan Ahok (IDN Times/Aditya Pratama)

Meski demikian, kata Hasto, sudah ada sederet kandidat yang disiapkan mulai dari mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, pakar hukum tata negara Bivitri Susanti, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan mantan Panglima TNI Jenderal (Purn.) Andika Perkasa.

"Justru berbagai wacana yang muncul saat ini baik itu terkait dengan Pak Ahok, terkait dengan Pak Anies, termasuk kombinasi keduanya atau kemungkinan rivalitas di antara keduanya atau munculnya figur baru, seperti Pak Pramono Anung," kata dia.

"Kami juga mendapat informasi dari teman-teman civil society, Mbak Bivitri misalnya, ada juga yang mengusungnya. Mbak Bivitri ini ketika menyandingkan film Dirty Vote itu di Jakarta itu yang nonton hampir 8 juta orang, itu bagian dari dinamika yang menyehatkan demokrasi,” sambungnya.

Baca Juga: PDIP Pastikan Bobby dan Khofifah Tak Lawan Kotak Kosong

2. PDIP masih membuka kesempatan bagi kandidat lain

Bintang Film Dirty Vote Bivitri Susanti Masuk Bursa Pilkada di PDIPMensos Tri Rismaharini atau Risma (Dok. Kemensos)

Hasto mengungkapkan PDIP terus membuka ruang bagi hadirnya calon-calon pemimpin untuk DKI Jakarta, berdasarkan suara arus bawah partai.

"Muncul juga nama Mas Pramono Anung. Di Jawa Timur muncul nama Ibu Tri Rismahirini, di Jawa Tengah muncul nama Pak Andika, ada Pak Hendi, ada yang mengatakan Pak Andika juga cocok di Jakarta. Ini semua masih dicermati oleh PDIP," tegas Hasto.

Hasto mengayakan partainya menghargai langkah partai lain yang sudah mengusung Anies Baswedan-Sohibul Iman.

Baca Juga: KPK Jerat Wali Kota Semarang, Hasto Ingatkan Kasus Kader PDIP NTT

3. PDIP siapkan mesin partai jelang Pilkada 2024

Bintang Film Dirty Vote Bivitri Susanti Masuk Bursa Pilkada di PDIPSekjen PDIP Hasto Kristiyanto (IDN Times/Aryodamar)

Hasto menegaskan PDIP akan terus bergerak cepat menghadapi Pilkada Serentak 2024. Bahkan, pada Selasa 22 Juli 2024, PDIP akan menggelar pelatihan tim kampanye putaran ketiga. Bagi PDIP, lebih penting menyiapkan mesin partai untuk bekerja, lalu dilanjutkan figur calon kepala daerah sebagai prioritas berikutnya.

“Kami menunjukkan pergerakan mesin partai dalam perencanaan strategis, untuk memenangkan Pilkada berdasarkan kekuatan mesin partai yang menyatu dengan rakyat itu terus dilakukan,” kata Hasto.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya