Antusiasme Gelombang Perubahan Diklaim Ringankan PKB untuk AMIN

Sejumlah pimpinan pondok pesantren diklaim dukung AMIN

Jakarta, IDN Times - Dewan Pengurus Wilayah Partai Kebangkitan Bangsa (DPW PKB) Jawa Tengah menyatakan, antusiasme masyarakat terhadap perubahan kian meringankan langkah dalam memenangkan pasangan bakal capres-cawapres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN).

Ketua DPW PKB Jawa Tengah, Yusuf Chudlori, mengatakan baru Pilpres dan Pileg kali ini, langkah dan perjuangannya terasa lebih ringan. Sebab, para masyaikh dari ujung timur sampai barat di pulau Jawa memberikan restu kepada pasangan AMIN.

"Saya merasakan baru kali ini, kita jalan merasa ringan, kepenak (enak). Meskipun ini berat ya, tetapi di hati itu terasa ringan dan enak, karena apa? Karena para masyayikh mulai dari ujung timur, pondok pesantren besar di Situbondo, KHR Kholil malah semangat sekali (mendukung AMIN)," tutur pria yang akrab disapa Gus Yusuf dalam keterangan tertulis, Sabtu (14/10/2023).

Baca Juga: Pasangan Anies-Muhaimin Daftar ke KPU 19 Oktober, Jadi yang Pertama?

1. Sejumlah pimpinan pondok pesantren diklaim dukung AMIN

Antusiasme Gelombang Perubahan Diklaim Ringankan PKB untuk AMINAnies Baswedan saat menghadiri pemakaman Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Jakarta, Gembong Warsono, di TPU Tanah Kusir, Jakarta, Sabtu (14/10/2023). (IDN Times/Margith Juita Damanik)

KH. R. Kholil As'ad Syamsul Arifin merupakan pengasuh Pondok Pesantren Wali Songo di Kabupaten Situbondo, yang memberikan dukungan terhadap pasangan AMIN.

Gus Yusuf mengatakan, pimpinan pondok pesantren di Sidogiri juga memberikan restu kepada pasangan AMIN. Demikian juga dengan pesantren di Jombang, Denanyar, Lirboyo, Ploso juga memberikan dukungan.

Kemudian, pesantren di Sarang, Kaliwungu, Kudus, dan ponpes lainnya juga bertekad bulat mendukung Anies-Gus Imin. Gus Yahya juga mengklaim dukungan yang sama juga terjadi di berbagai pondok pesantren di Jawa Barat.

"Alhamdulillah, ini menjadi yang dirindukan oleh para kiai-kiai, kapan pondok-pondok ini bisa bersama, karena setiap Pilpres dan Pileg itu pasti beda. Pasangan AMIN bisa menjadi jembatan karena keduanya santri. Meskipun berat, tetapi ringan kita melangkahnya, nyaman yang kita rasakan," tuturnya.

2. PKB tidak khawatir hasil survei AMIN

Antusiasme Gelombang Perubahan Diklaim Ringankan PKB untuk AMINAnies Baswedan dan Cak Imin hadir di acara pernikahan putri Habib Rizieq Shihab (IDN Times/Istimewa)

Selain itu, Gus Yusuf mengaku tidak khawatir dengan berbagai hasil lembaga survei terkait elektabilitas pasangan AMIN. Diketahui, sejumlah lembaga survei menyebut elektabilitas pasangan AMIN di Jawa Timur tidak begitu baik meski sudah deklarasi. Padahal, Jatim merupaka basis massa PKB.

"Kami ini orang lapangan, setiap hari bertemu masyarakat, bertemu para kiai, teman-teman anak muda di kampus. Semua sudah menginginkan perubahan. Apalagi anak muda di kampus ini melihat yang dulu diperjuangkan dalam reformasi, tetapi kini apa yang diperjuangkan itu sudah mulai banyak diingkari," tuturnya.

Gus Yusuf mencontohkan tindakan korupsi saat ini yang justru makin banyak, sehingga ke depan perlu adanya perubahan. Demikian juga dengan agenda yang diusung dalam gerakan reformasi tentang praktik nepotisme yang perlu diluruskan kembali.

"Masyarakat akar rumput melihat itu (praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme). Kami setiap hari bertemu mereka dan mereka menginginkan perubahan agar Indonesia lebih baik ke depan. Hal itu yang kadang tidak terpotret oleh lembaga survei," ujar dia.

Baca Juga: Dua Menteri NasDem Terjerat Korupsi, Surya Paloh: Berpengaruh ke AMIN

3. Hasil survei internal, pasangan AMIN merangkak naik

Antusiasme Gelombang Perubahan Diklaim Ringankan PKB untuk AMINPKS Deklarasi Cak Imin Jadi Cawapres Anies Baswedan. (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Oleh sebab itu, Gus Yahya menyayangkan lembaga survei yang tidak secara terbuka menyampaikan sebagai konsultan dari pihak tertentu, sehingga seolah-olah terlihat independen.

"Padahal, ya sudah pasti ada yang pesan," ujar dia.

Sementara, menurut Gus Yusuf, berdasarkan survei internal, elektabilitas pasangan AMIN terus bergerak naik, terutama di Jawa Timur (Jatim) dan Jawa Tengah (Jateng).

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

https://www.youtube.com/embed/zCl38z3ne2c

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya