Anggota DPR Dukung Rencana Polri Bentuk Direktorat Siber di 9 Polda

Diharapkan Polri cegah hoaks jelang Pemilu 2024

Jakarta, IDN Times - Anggota Komisi III DPR RI, Andi Rio Idris Padjalangi, mendukung rencana Polri membentuk Direktorat Siber di sembilan polda yang akan dijadwalkan rampung secara keseluruhan pada akhir 2023.

Karena itu, Andi berharap, pembahasan di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) segera selesai.

"Saya apresiasi langkah cepat Mabes Polri membentuk Direktorat Siber di sembilan wilayah. Ini sangat bermanfaat menjelang Pemilu 2024. Pemilu 2024 harus berjalan aman dan damai tanpa banyak berita hoaks bertebaran di media sosial," kata dia, dilansir ANTARA, Minggu (3/9/2023).

Baca Juga: Polri Bakal Bentuk Direktorat Kriminal Siber di Sembilan Polda 

1. Polri harus dapat mencegah dan memberantas hoaks jelang Pemilu 2024

Anggota DPR Dukung Rencana Polri Bentuk Direktorat Siber di 9 PoldaAnggota Komisi III DPR RI, Andi Rio Idris Padjalangi (ANTARA/HO-DPR RI)

Andi mengatakan demokrasi Indonesia saat ini mengalami kemajuan signifikan. Karena itu, Polri harus dapat mencegah dan memberantas munculnya ujaran kebencian dan hoaks melalui Direktorat Siber tersebut.

"Kepolisian harus dapat melakukan deteksi dini terhadap oknum-oknum yang ingin menyebarkan berita hoaks atau pun ujaran kebencian di media sosial," katanya.

Andi berpesan menjelang Pemilu dan Pilkada Serentak 2024, bangsa Indonesia tidak terpecah belah dan diadu domba oleh pihak lain.

"Jangan sampai bangsa ini dipecah belah dan diadu domba oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, yang kerap terjadi jelang pemilu dan pilkada," kata dia.

2. Diharapkan Direktorat Siber terbentuk di semua polda

Anggota DPR Dukung Rencana Polri Bentuk Direktorat Siber di 9 PoldaIlustrasi Gedung Ditreskrimum Polda Metro Jaya (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Andi berharap pembentukan Direktorat Siber tidak hanya berhenti di sembilan wilayah, tetapi dapat terbentuk di seluruh polda secara bertahap.

"Perkembangan digitalisasi perlu kita kontrol, jangan sampai kebablasan. Pembentukan sembilan direktorat siber saya yakin belum optimal dalam mencakup seluruh wilayah di Indonesia," katanya.

Baca Juga: Lemhanas RI Usul TNI Bentuk Angkatan Siber, Apa Urgensinya?

3. Polri dapat mengusulkan anggaran 2024 untuk pembentukan Direktorat Siber

Anggota DPR Dukung Rencana Polri Bentuk Direktorat Siber di 9 Poldailustrasi Divisi Humas Polri (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Andi mengatakan Polri dapat mengusulkan anggaran 2024 untuk pembentukan Direktorat Siber.

"Oleh karena itu, Polri dapat memasukkan usulan anggaran 2024 untuk pembentukan Direktorat Siber, sehingga seluruh polda memiliki divisi tersebut," ujar Andi.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

https://www.youtube.com/embed/C0ZXxgxYEj0

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya