AHY Tantang Moeldoko Mengakui Tertipu Makelar Politik

AHY pertanyakan etika keperwiraan dan keprajuritan Moeldoko

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhonono (AHY) berharap, Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko mengakui telah tertipu makelar politik dalam Kongres Luar Biasa (KLB) Deli Serdang, Sumatra Utara.

"Pertanyaannya, beranikah Moeldoko mengakui pernah atau tertipu oleh para makelar politik?" tanya AHY dalam jumpa pers menanggapi pernyataan Moeldoko di Jakarta, seperti dilansir ANTARA, Senin, 29 Maret 2021 malam.

AHY menegaskan kumpulan orang-orang yang hadir dalam KLB Partai Demokrat di Deli Serdang, tidak lebih dari orang-orang yang melawan hukum.

Baca Juga: AHY: Pernyataan Moeldoko soal Pertentangan Ideologi Menghasut

1. Moeldoko disebut tidak memperhatikan nilai moral bangsa, serta etika keperwiraan dan keprajuritan

AHY Tantang Moeldoko Mengakui Tertipu Makelar PolitikIDN Times/Teatrika Handiko Putri

AHY mengatakan, bagaimana mungkin Moeldoko mengakui sebagai ketua umum Demokrat, jika KLB Deli Serdang tidak sesuai dengan konstitusi partai berlambang mercy yang sudah disahkan pemerintah pada 2020.

Setelah tiga minggu tidak memberikan pernyataan, kata AHY, ternyata Moeldoko tidak mampu memberikan pernyataan yang bernas. Malah, kata dia, Moeldoko seolah menghasut dengan pertentangan idiologi.

Sejak awal, menurut AHY, para kader Demokrat menilai Moeldoko tidak memperhatikan etika dan nilai-nilai moral yang dipedomani sebagai bangsa yang beradab.

"Apalagi etika keperwiraan dan keprajuritan," tegas putra sulung Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu.

2. AHY membuka pintu maaf kepada Moeldoko

AHY Tantang Moeldoko Mengakui Tertipu Makelar PolitikKetua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bersama kader Demokrat. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/foc.)

Menurut AHY, kader Demokrat dan masyarakat luas mempertanyakan kapasitas Moeldoko sebagai pejabat tinggi negara, mengambil keputusan secara serampangan serta gegabah, emosional dan jauh dari akal sehat.

AHY menegaskan pihaknya membuka pintu maaf kepada Moeldoko, meskipun para kader dan simpatisan Demokrat marah dan kecewa, yang telah membegal Demokrat dan merusak demokrasi.

3. Moeldoko sebut alasan bersedia menjadi ketua umum Partai Demokrat

AHY Tantang Moeldoko Mengakui Tertipu Makelar PolitikIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Perlu diketahui, Moeldoko sebelumnya mengklaim keputusannya menerima pinangan jadi ketua umum Partai Demokrat melalui pertemuan di Sibolangit, Deli Serdang, Sumatra Utara, pada 5 Maret 2021, merupakan upaya menyelamatkan partai dan bangsa.

“Ada sebuah situasi khusus dalam perpolitikan nasional, yaitu telah terjadi pertarungan ideologis yang kuat menjelang 2024," kata Moeldoko sebagaimana dikutip dari rekaman video yang ia bagikan lewat akun Instagram pribadinya @dr_moeldoko, Minggu, 28 Maret 2021.

"Pertarungan ini terstruktur dan gampang dikenali. Ini menjadi ancaman cita-cita menuju Indonesia Emas 2045. Ada kecenderungan tarikan ideologis juga terlihat di tubuh Demokrat. Jadi, ini bukan sekadar menyelamatkan bangsa dan negara,” sambung Moeldoko.

Baca Juga: Sebut Isu Hambalang Tak Relevan, AHY: Moeldoko Keluar dari Akal Sehat

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya