7 Potret Unik Perayaan Idul Fitri 1445 Hijriah di Berbagai Daerah

Selamat Idul Fitri 1445 H bagi yang merayakan, ya!

Jakarta, IDN Times - Sebagian besar umat muslim di Tanah Air serentak merayakan Idul Fitri 1445 Hijriah pada Rabu (10/4/2024). Dari Sabang hingga Merauke merayakan Hari Kemenangan usai sebulan penuh berpuasa Ramadan.

Sebagai negeri yang kaya akan budaya, masyarakat pun menyambut Idul Fitri dengan beragam adat dan keunikan tersendiri sebagai bentuk kearifan lokal.

Berikut deretan potret perayaan Idul Fitri 1445 Hijriah di berbagai daerah.

Baca Juga: Ancol Sajikan Beragam Acara Hiburan Sambut Liburan Idul Fitri

1. Warga Desa Sayung, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, Jawa Tengah tetap merayakan Idul Fitri meski diselimuti banjir. Banjir melanda sejak 13 Maret 2024 ini akibat luapan Sungai Dombo-Sayung.

7 Potret Unik Perayaan Idul Fitri 1445 Hijriah di Berbagai Daerah(ANTARA FOTO/Aji Styawan/pras)

2. Warga di Desa Muara Jambi, Muaro Jambi, Jambi melakukan tradisi Topeng Labu saat merayakan Idul Fitri, Rabu (10/4/2024). Mereka menari berkeliling kampung. Tradisi ini merupakan cerita rakyat bagi masyarakat penderita kusta menyiasati agar bisa bertemu keluarga karena diasingkan di hutan.

7 Potret Unik Perayaan Idul Fitri 1445 Hijriah di Berbagai Daerah(ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan/nym)

3. Sejumlah umat muslim menggelar acara Safari Lebaran Lintas Agama yang digelar di Masjid Agung Jawa Tengah, Semarang, Jawa Tengah, Rabu (10/4/2024). Acara yang bertujuan untuk kerukunan beragama ini dihadiri lintas tokoh agama dengan saling bermaaf-maafan.

7 Potret Unik Perayaan Idul Fitri 1445 Hijriah di Berbagai Daerah(ANTARA FOTO/Makna Zaezar/tom)

4. Umat muslim di Jakarta Timur menggelar salat Ied di Jalan Jatinegara Barat dan Jalan Matraman Raya, Rabu (10/4/2024). Kedua jalan tersebut mengapit Gereja Protestan Koinonina yang didirikan pada 1889.

7 Potret Unik Perayaan Idul Fitri 1445 Hijriah di Berbagai Daerah(ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/tom)

5. Umat muslim di Jakarta Utara menggelar salat Idul Fitri di sebuah lapangan pangakalan pasir Cilincing, Rabu (11/4/2024).

7 Potret Unik Perayaan Idul Fitri 1445 Hijriah di Berbagai Daerah

6. Lapas Narkotika Cipingang, Jakarta Timur memberikan kelonggaran kunjungan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) bertemu keluarganya selama 30 menit agar bisa merayakan Idul Fitri 1445 Hijriah.

7 Potret Unik Perayaan Idul Fitri 1445 Hijriah di Berbagai Daerah(ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/tom)

7. BPBD Kota Surabaya menggelar acara "Lebaran Aman Bencana" dengan melakukan pendampingan dan pemantauan pelaksanaan ibadah salat Ied di Balai Kota Surabaya, Rabu (10/4/2024). BPBD juga mengerahkan peralatan untuk antisipasi potensi bencana saat pelaksanaan salat Ied.

7 Potret Unik Perayaan Idul Fitri 1445 Hijriah di Berbagai Daerah(Dok. BPBD Kota Surabaya)

Itulah potret unik perayaan Idul Fitri 1445 Hijriah di Tanah Air.

Baca Juga: Lebaran, Gorila Penghuni Taman Ragunan Rayakan Ultah

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya