5 Pejabat Tinggi Era Jokowi yang Rangkap Jabatan di Federasi Olahraga

Yuk, baca berikut ini!

Jakarta, IDN Times - Fenomena pejabat tinggi rangkap jabatan sebagai petinggi di federasi olahraga bukan lagi menjadi  hal langka di Tanah Air. Tidak hanya menteri, banyak pejabat lain di bawah pemerintahan Presiden Joko "Jokowi" Widodo menjadi pemegang kekuasaan tertinggi di federasi olahraga Indonesia.

Di antaranya Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Kapolri, hingga Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Berikut sederet pejabat tinggi era Jokowi yang rangkap jabatan di federasi olahraga dengan kekuasaan tertinggi, sebagaimana dirangkum IDN Times dari beberapa sumber, Senin (20/2/2023).

Baca Juga: Rangkap Menteri BUMN-Ketum PSSI, Erick Thohir: Tak Langgar Statuta 

1. Kapolri Jenderal Listyo Sigit merangkap Ketua Umum PB ISSI

5 Pejabat Tinggi Era Jokowi yang Rangkap Jabatan di Federasi OlahragaKapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo ditemui di kawasan Stadion GBK, Jakarta, Minggu (26/11/2022). (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Selain menjabat sebagai Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo juga menjabat sebagai Ketua Umum (Ketum) Pengurus Besar (PB) Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) 2021-2025. Ia terpilih sebagai Ketum PB ISSI secara aklamasi pada Sabtu (3/4/2021).

Sebelumnya, Kapolri diketahui rangkap jabatan sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) 2020-2024. Namun, ia memutuskan hengkang dari Sekjen PP PBSI dan  memilih menjadi ketum ISSI.

Hal ini juga berkenaan dengan AD/ART PBSI Pasal 14 ayat 2 butir g, disebutkan semua jabatan di Pengurus Pusat/Pengurus Provinsi/Pengurus Kabupaten/Kota tidak boleh rangkap jabatan di semua tingkatan cabang olahraga (cabor) lain selain cabang olahraga bulu tangkis.

2. Ketua MPR Bambang Soesatyo merangkap Ketua Umum PB Kodrat

5 Pejabat Tinggi Era Jokowi yang Rangkap Jabatan di Federasi OlahragaKetua MPR Bambang Soesatyo atau Bamsoet (Dok.IDN Times/Istimewa)

Ketua MPR Bambang Soesatyo atau akrab disapa Bamsoet rangkap jabatan sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Keluarga Olahraga Tarung Derajat (PB Kodrat) 2021-2025 menggantikan Harry Tanoe Soedibyo. Ia terpilih secara aklamasi dan resmi dilantik sebagai Ketum PB Kodrat pada Minggu (20/6/2021). 

Tidak hanya itu, Bamsoet juga ternyata merangkap jabatan sebagai Ketum Ikatan Motor Indonesia (IMI) 2020-2024. Diketahui, tidak ada larangan untuk memimpin dua organisasi cabor, sehingga Bamsoet berani mengambil tanggung jawab tersebut demi memajukan bidang olahraga di Tanah Air.

Baca Juga: PDIP Tak Masalah Erick Thohir Rangkap Jabatan 

3. Eks Ketua BPK Agung Firman merangkap Ketua Umum PB PBSI

5 Pejabat Tinggi Era Jokowi yang Rangkap Jabatan di Federasi OlahragaAcara penyambutan Ketum baru PBSI Agung Firman Sampurna (Dok.IDN Times/PBSI)

Mantan Ketua BPK 2019-2022, Agung Firman Sampurna, terpilih menjadi Ketua Umum Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) 2020-2024 pasca-menggelar Munas yang berlangsung pada 6 November 2020. Hal ini menandakan dirinya melakukan rangkap jabatan pada kala itu.

Agung terpilih secara aklamasi lantaran ia menjadi calon tunggal Ketum PBSI seusai Ari Wibowo yang juga maju dalam Munas PBSI 2020 dinyatakan tidak lolos verifikasi. Sebelum resmi menjadi Ketum PBSI, Agung cukup lama berkecimpung di lingkungan BPK yakni sejak 2012.

4. Kepala BIN Budi Gunawan merangkap Ketua Umum PB Esports Indonesia

5 Pejabat Tinggi Era Jokowi yang Rangkap Jabatan di Federasi OlahragaIDN Times/Lia Hutasoit

Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan juga merangkap jabatan sebagai Ketua Umum PB Esports Indonesia (ESI) 2020-2024. Ia resmi dilantik sebagai Ketum PB ESI pada 18 Januari 2020 di Hotel Kempinski, Jakarta. Ia pun langsung melantik 40 pengurus untuk kepengurusan PB ESI kala itu.

Budi Gunawan diangkat menjadi Kepala BIN sejak 2016 oleh Presiden Jokowi. Kemudian, pangkatnya dinaikkan dari Komisaris Jenderal (Komjen) Polisi menjadi Jenderal Polisi.

5. Mantan Kepala BAIS TNI Joni Supriyanto merangkap Ketua Umum PB Perbakin

5 Pejabat Tinggi Era Jokowi yang Rangkap Jabatan di Federasi OlahragaJoni Supriyanto secara aklamasi terpilih kembali sebagai Ketua Umum PB Perbakin (dok.Istimewa)

Mantan Kepala Badan Intelijen Strategis Tentara Nasional Indonesia (BAIS TNI) Joni Supriyanto kini menjabat sebagai Ketum PB Persatuan Olahraga Menembak dan Berburu Indonesia (Perbakin) 2022-2026. Hal ini tentu bukan pertama kalinya Joni menjabat sebagai Ketum PB Perbakin.

Sebelumnya, dia juga sempat menjabat sebagai Ketum PB Perbakin 2018-2022, tepatnya saat Joni ditunjuk menjadi kepala BAIS TNI pada 2020. Olahraga menembak di bawah kepemimpinan Joni diketahui mengalami kemajuan yang cukup pesat. Karena itu, dia kembali dipercaya sebagai Ketum Perbakin.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya