Mau Jadi Gubernur, Ridwal Kamil Beberkan Tantangan Dihadapi Jakarta

Ridwan Kamil-Suswono mendapatkan dukungan dari 12 partai

Jakarta, IDN Times - Bakal calon gubernur DKI Jakarta, Ridwan Kamil atau RK, mengungkapkan sejumlah tantangan yang terjadi di Jakarta. Hal tersebut bakal menjadi pekerjaan rumah (PR) yang mesti diselesaikan RK jika nanti terpilih menjadi Gubernur DKI Jakarta.

"Jakarta ini mengalami banyak tantangan. Dari sisi global, saya ingatkan krisis iklim harus kita respons. Air laut sudah naik, banjir dari selatan juga masih mengancam, solusi-solusi teknis sedang dipersiapkan," kata RK dalam pidatonya selepas deklarasi bakal calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta, di Hotel Sultan, Senin (19/8/2024).

Tantangan kedua, kata RK, laiknya kota besar lain di dunia, Jakarta juga menghadapi isu mengenai lapangan pekerjaan, stres karena mobilitas yang tidak produktif, rumah dan tempat kerja terlalu jauh, serta polusi.

"Semua akan menjadi komitmen kami, baik faktor eksternal di luar wilayah Jakarta, maupun faktor internal karena mobilitas. Saya betul-betul akan kerja keras. Saya punya anak kecil, saya tidak mau anak-anak di Jakarta bahagianya hanya main di shopping mall. Harusnya mereka berbahagia di ruang-ruang outdoor," beber RK.

RK mendapatkan dukungan untuk maju dalam Pilgub DKI Jakarta bersama dengan bakal calon wakil gubernur dari PKS, Suswono. RK-Suswono mendapatkan dukungan dari 12 partai, yakni Gerindra, Golkar, PAN, PKS, NasDem, PKB, PSI, Demokrat, Perindo, PPP, dan Garuda.

Dengan deklarasi tersebut, praktis tinggal PDI Perjuangan yang belum menentukan sikap dalam Pilkada Jakarta. Di DPRD DKI Jakarta, PDIP meraih 15 kursi.

Untuk dicalonkan, pasangan gubernur dan wakil gubernur harus mengumpulkan setidaknya 22 kursi partai politik di DPRD DKI Jakarta. Dengan begitu, PDIP tidak bisa mencalonkan pasangan gubernur dan wakil gubernur sendirian.

Baca Juga: Fahri: Tak Ada yang Sebaik Ridwan Kamil untuk Pimpin Jakarta Hari Ini

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya