Lewat Istana Berbatik, Jokowi Ajak Masyarakat Bangga Terhadap Batik

Istana Berbatik untuk menyambut Hari Batik Nasional besok

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk menumbuhkan kebanggaan terhadap batik. Ajakan itu disampaikan Jokowi sebelum membuka pagelaran Istana Berbatik, Minggu (1/10/2023).

"Melalui Istana Berbatik malam ini yang dilaksanakan untuk memperingati Hari Batik Nasional yang jatuh pada 2 Oktober, saya mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk menumbuhkan kebanggaan pada kekayaan seni dan budaya Indonesia serta aktif melestarikan dan mengembangkannya," kata Jokowi.

1. Jokowi ajak masyarakat bersyukur karena Indonesia punya batik

Lewat Istana Berbatik, Jokowi Ajak Masyarakat Bangga Terhadap BatikIlustrasi membatik.(IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Selain itu, Jokowi juga mengajak masyarakat untuk mensyukuri keberadaan batik sebagai budaya Indonesia yang telah diakui dunia.

"Bangsa Indonesia patut bersyukur memiliki batik, yang bukan hanya sebagai karya seni biasa, tapi merupakan warisan budaya tak benda dunia dengan simbolisme, teknik, dan budaya yang sangat melekat dengan Indonesia," ucapnya.

Baca Juga: Sidang Majelis Umum ke-78 PBB Dibuka, Delegasi Indonesia Kenakan Batik

2. Tampilkan banyak jenis batik Nusantara

Lewat Istana Berbatik, Jokowi Ajak Masyarakat Bangga Terhadap BatikKetua Panitia Pelaksana Istana Berbatik 2023, Angela Tanoesoedibjo (Tangkapan Layar YouTube Sekretariat Presiden)

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Istana Berbatik, Angela Tanoesoedibjo menyampaikan bahwa pagelaran pada malam ini menampilkan berbagai macam motif batik dari seluruh Indonesia.

"Istana Berbatik merupakan sebuah pagelaran berbusana yang menampilkann ragam batik Nusantara yang sarat akan makna filosofis dan keindahannya tak lekang oleh waktu," kata Angela.

Perempuan yang kini juga menjabat sebagai Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tersebut menambahkan, pagelaran Istana Berbatik menampilkan tentang bagaimana batik telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Indonesia dari masa ke masa, generasi ke generasi, serta telah menjadi bagian dari diplomasi budaya Indonesia.

3. Ditampilkan oleh 500 lebih peraga

Lewat Istana Berbatik, Jokowi Ajak Masyarakat Bangga Terhadap BatikKeluarga Christian Sugiono dalam Istana Berbatik 2023 (Tangkapan Layar YouTube Sekretariat Presiden)

Ragam batik Nusantara tersebut kemudian ditampilkan oleh 500 lebih peraga di atas catwalk sepanjang 150 meter.

"Pagelaran busana malam ini melibatkan 503 orang peraga istimewa termasuk para perwakilan kerajaan, pimpinan lembaga negara, duta besar, para menteri, wakil menteri, para ibu oase, para gubernur, para pejabat kementerian/lembaga dan daerah serta BUMN, publik figure, atlet, dan model," tutur Angela.

Selain itu, Istana Berbatik juga menampilkan koleksi-koleksi batik terbaik dari berbagai kerajaan, UMKM binaan Bank Indonesia dan BRI serta batik karya-karya perancang busana Indonesia.

Baca Juga: Datang ke Gelar Batik Nusantara, Jokowi Lirik Produk Batik Nasabah PNM

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya