Keluarga Ungkap Faisal Basri Meninggal akibat Penyakit Jantung

Faisal Basri sempat masuk ICU

Jakarta, IDN Times - Adik kandung Faisal Basri, Ramdan Malik menceritakan kegiatan terakhir terakhir sang kakak dirawat di RS Mayapada dan kemudian mengembuskan napas terakhir pada Kamis (5/9/2024) dini hari.

Ramdan mengungkapkan, sang kakak mendapatkan undangan dari petani di Kabupaten Dairi, Sumatra Utara untuk memberikan bantuan perihal konflik lahan pada Rabu pekan lalu. Faisal mengaku kepada adiknya tersebut bahwa selama perjalanan enam jam menuju Dairi dari Medan, dia banyak terkena angin karena mobil yang ditumpanginya tidak ber-AC sehingga harus membuka jendela.

Ramdan juga bercerita bahwa sang kakak banyak makan durian ketika di Dairi lantaran ada festival durian di sana.

"Terus pulang Sabtu, tapi tidak mau ke dokter. Abang saya itu agak malas ke dokter kalau gak sakit sekali. Terus dia hari Senin keringat dingin, mukanya agak lain terus dirayu lah sama putrinya, Nabila, putri satu-satunya. Nabila bilang, ayo ayah ke dokter baru dia mau ke dokter. Kita bawa ke RS Mayapada Kuningan, lalu dokter deteksi ada kemungkinan jantung," tutur Ramdan kepada awak media di rumah duka Gudang Peluru, Jakarta Selatan, Kamis siang.

Ramdan menambahkan, Faisal sempat masuk ICU pada Senin siang awal pekan ini lantaran ketika hendak dikateter kondisi gula dan ginjal sang kakak tidak stabil.

Ramdan pun mengakui kondisi sang kakak sempat membaik pada Rabu malam dan menurut rencana bakal dikateter pada Kamis pagi. Namun, rencana itu urung dilakukan lantaran Faisal wafat pada Kamis dini hari.

"Saya sudah bersiap untuk ke sana, tapi ternyata subuh tadi sudah nggak ada. Sempat sekitar 2 jam masa emergency-nya, sempat dikateter, dipasang ring satu, tapi tidak menyelamatkannya secara medis," kata Ramdan.

Baca Juga: Bahlil: Faisal Basri Tokoh yang Bisa Mengerem Pejabat Seperti Saya

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya