Ini Makna Batik yang Dipakai Jokowi saat Tampil di Istana Berbatik

Jokowi gunakan motif batik yang biasa dipakai para raja

Jakarta, IDN Times - Istana Berbatik 2023 rampung digelar hari ini, Minggu (1/10/2023). Dalam pagelaran tersebut, Presiden Joko "Jokowi" Widodo terpantau menggunakan Batik Parang Barong Seling Kembang Udan Riris.

Berdasarkan informasi Biro Pers Istana Presiden, batik yang digunakan Jokowi memiliki dua makna.

Motif Parang memiliki makna memerangi. Itu artinya seorang pemimpin mesti berani bersikap tegas dalam memerangi ketidakbenaran yang ada.

"Motif batik Parang biasa dikenakan oleh para raja," sebut Biro Pers Istana Presiden.

Kemudian motif batik Udan Riris bermakna hujan gerimis yang memberikan kesejukan di tengah kondisi gersang atau kering.

1. Motif batik Ibu Negara

Ini Makna Batik yang Dipakai Jokowi saat Tampil di Istana BerbatikPresiden Joko "Jokowi" Widodo bersama istri dan Wapres Ma'ruf Amin bersama istri di Istana Berbatik 2023. (Tangkapan Layar YouTube Sekretariat Presiden)

Sementara itu, Ibu Negara Iriana Joko Widodo yang duduk tepat di sebelah suaminya menggunakan batik sebagai atasan dan bawahan.

Untuk atasannya, Iriana menggunakan batik motif Truntum. Adapun untuk bawahan, Iriana menggunakan batik dengan modif Parang.

Baca Juga: Lewat Istana Berbatik, Jokowi Ajak Masyarakat Bangga Terhadap Batik

2. Jokowi ajak masyarakat bangga terhadap batik

Ini Makna Batik yang Dipakai Jokowi saat Tampil di Istana BerbatikPerajin batik, Windarni (35) menyanting batik tulis di Sanggar Batik Semarang 16 di Semarang, Jawa Tengah, Kamis (22/12/2022) (IDN Times/Dhana Kencana)

Sebelumnya diberitakan, Jokowi mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk menumbuhkan kebanggaan terhadap batik. Ajakan itu disampaikan Jokowi sebelum membuka pagelaran Istana Berbatik 2023.

"Melalui Istana Berbatik malam ini yang dilaksanakan untuk memperingati Hari Batik Nasional yang jatuh pada 2 Oktober, saya mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk menumubuhkan kebanggan pada kekayaan seni dan budaya Indonesia serta aktif melestarikan dan mengembangkannya," kata Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga mengajak masyarakat untuk mensyukuri keberadaan batik sebagai budaya Indonesia yang telah diakui dunia.

"Bangsa Indonesia patut bersyukur memiliki batik, yang bukan hanya sebagai karya seni biasa, tapi merupakan warisan budaya tak benda dunia dengan simbolisme, teknik, dan budaya yang sangat melekat dengan Indonesia," ucapnya.

3. Tampilkan banyak jenis batik Nusantara

Ini Makna Batik yang Dipakai Jokowi saat Tampil di Istana BerbatikKeluarga Christian Sugiono dalam Istana Berbatik 2023 (Tangkapan Layar YouTube Sekretariat Presiden)

Ketua Panitia Pelaksana Istana Berbatik, Angela Tanoesoedibjo menyampaikan bahwa pagelaran pada malam ini menampilkan berbagai macam motif batik dari seluruh Indonesia.

"Istana Berbatik merupakan sebuah pagelaran berbusana yang menampilkann ragam batik Nusantara yang sarat akan makna filosofis dan keindahannya tak lekang oleh waktu," kata Angela.

Perempuan yang kini juga menjabat sebagai Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tersebut menambahkan, pagelaran Istana Berbatik menampilkan tentang bagaimana batik telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Indonesia dari masa ke masa, generasi ke generasi, serta telah menjadi bagian dari diplomasi budaya Indonesia.

Baca Juga: Datang ke Gelar Batik Nusantara, Jokowi Lirik Produk Batik Nasabah PNM

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya