Berawal dari Masalah Ini, Gibran Mendirikan eFishery

Startup perikanan dimulai dari budi daya lele

Jakarta, IDN Times - Founder sekaligus CEO eFishery, Gibran Huzaifah mengaku menemukan permasalahan serupa yang dialami oleh para pembudi daya ikan. Hal itu kemudian menjadi masalah yang akhirnya membuat Gibran mendirikan startup di sektor perikanan bernama eFishery.

Gibran mengaku pada awalnya dia memulai bisnis lele ketika masih berkuliah tingkat dua. Dari situ dia banyak bertemu dengan pembudi daya ikan lele dengan tujuan mendapatkan pengetahuan soal bisnis ikan lele.

"Tapi dari belajar-belajar itu justru saya dapat inspirasi karena semua pembudi daya ini punya masalah yang sama. Masalah terbesar mereka itu di pakan," tutur Gibran saat menjadi pembicara dalam sesi I Indonesia Millennial Gen Z Summit (IMGS) 2023 yang bertema 'Innovative Approaches in Agrifood: Lessons Learned,' Jumat (24/11/2023).

"Jadi pemberian pakan itu manual, pakai tangan, jadi gimana yang ngasih makan. Kalau yang ngasih makan lupa, ikannya gak dikasih makan, kalau kebanyakan, ikannya kebanyakan makan," ujar Gibran.

Menurut Gibran, persoalan pakan ikan tersebut sangat esensial terhadap bisnis budi daya ikan sebab porsinya antara 70 hingga 90 persen dari total pembiayaan yang dikeluarkan.

Berangkat dari permasalahan tersebut, Gibran kemudian menemukan ide untuk membuat alat pemberi makan ikan otomatis.

"Di tahun 2012 itu saya nyeletuk ke salah satu pembudi daya gimana kalo saya bisa bikin alat buat kasih makan otomatis. Jadi munculnya dari celetukan aja," kata Gibran.

Setelah itu, Gibran mulai menghubungkan alat tersebut dengan internet berkat saran dari senior kampusnya yang tinggal satu asrama, yakni Ahmad Zaky. Belakangan sosok tersebut menjadi sukses berkat mendirikan e-commerce bernama Bukalapak.

"Dia (Ahmad Zaky) yang kasih ide coba lu puterin alat ini buat jadi internet business. Makanya akhirnya alat ini kita pasang internet ya jadinya internet of things dan akhrinya dalam waktu satu tahun kita research, 2013 established company-nya, 2014 kita luncurkan komersial alatnya," beber Gibran.

"Ini alat buat kasih makan ikan secara otomatis terhubung sensor yang bisa deteksi nafsu makan ikan, terhubung, dan kirim data lewat internet dan ada smartphone-nya sehingga kita bisa capture datanya," lanjutnya.

Baca Juga: Cerita Gibran Memulai eFishery dari Bisnis Lele

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya