PNM Salurkan Bantuan Sarana Air Bersih di Dusun Ngreco

Air bersih jadi kebutuhan primer

Jakarta, IDN Times - PNM melalui Cabang Yogyakarta menyalurkan bantuan dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) di bidang lingkungan.

Lewat program PNM Peduli, bantuan penampungan dan sarana air bersih disalurkan untuk masyarakat di wilayah Dusun Ngreco, Desa Seloharjo, Kecamatan Pundong, Kabupaten Bantul.

Direktur Utama PNM Arief Mulyadi mengungkapkan, kegiatan tersebut merupakan bentuk dukungan terhadap upaya melestarikan lingkungan, terlebih menurutnya saat ini banyak wilayah yang kekurangan air bersih akibat kemarau panjang.

1. Air bersih merupakan kebutuhan primer

PNM Salurkan Bantuan Sarana Air Bersih di Dusun Ngrecoilustrasi air putih (unsplash.com/engin akyurt)

Lebih jauh, Arief menjelaskan bahwa di balik melimpahnya ketersediaan air di dunia, hanya lima persen yang tersedia sebagai air minum.

“Air bersih merupakan kebutuhan primer dan menjadi kebutuhan darurat di musim kemarau. PNM akan terus berupaya menyediakan sarana air bersih bagi masyarakat,” katanya.

Baca Juga: PNM Ajak Nasabah Ikut Studi Banding Daur Ulang Sampah

2. Ketersediaan air bersih menyokong keberlangsungan usaha

PNM Salurkan Bantuan Sarana Air Bersih di Dusun NgrecoRangkaian kegiatan HUT PNM (Dok: PNM)

Selain itu, di wilayah Desa Seloharjo sendiri terdapat 498 nasabah binaan PNM yang tergabung dalam program Mekaar (Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera). Mereka mengandalkan air bersih untuk dapat menyokong keberlangsungan usahanya.

“Kalau kebutuhan primer berupa air bersih tidak terfasilitasi tentu akan menghambat jalannya usaha, pendapatan mereka juga berkurang, bagaimana bisa optimal berkontribusi untuk ekonomi keluarga,” tambah Arief.

3. Dusun Ngreco hanya memiliki 1 sumber mata air

PNM Salurkan Bantuan Sarana Air Bersih di Dusun NgrecoGedung PNM. (dok. PNM)

Arief melanjutkan, dengan adanya bantuan ini diharapkan masyarakat dapat mencukupi kebutuhan air bersih, mengingat di daerah Dusun Ngreco hanya memiliki satu sumber mata air yaitu mata air Surocolo.

“Saat musim kemarau, airnya sudah mulai menipis dan tidak bisa memenuhi kebutuhan air bersih di lingkungan sekitar,” ungkap Arief. (WEB)

Baca Juga: Cerita Nasabah PNM Ciptakan Inovasi Olahan Bunga Mawar

Topik:

  • Ridho Fauzan

Berita Terkini Lainnya