Elektabilitas Terus Naik, PAN Diyakini Lolos ke Parlemen

Elektabilitas PAN terus menanjak

Jakarta, IDN Times - Lembaga Survei Indikator Politik Indonesia mengungkapkan bahwa Partai Amanat Nasional (PAN) akan lolos sebagai partai Parlemen. 

Hal tersebut melihat elektabilitas PAN yang hingga kini terus menanjak bahkan melewati batas parlemen 4 persen. 

1. 4,5 persen responden memilih PAN untuk tetap di DPR RI

Elektabilitas Terus Naik, PAN Diyakini Lolos ke ParlemenKetua Umum PAN, Zulkifli Hasan atau Zulhas saat berpidato dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) II PAN, Selasa (31/8/2021). (dok. PAN)

Adapun survei yang Indikator Politik Indonesia lakukan ini digelar dari 25 Agustus hingga 3 September 2023.

Indikator bertanya kepada responden, "jika pemilihan anggota DPR RI diadakan sekarang ini, partai atau calon dari partai mana yang akan ibu/bapak pilih di antara partai berikut ini?"

Hasilnya, sebanyak 4,5 persen responden memilih PAN untuk tetap mewakili mereka di DPR RI. 

Baca Juga: Zulkifli Hasan Ajak Kader Artis PAN Jajal Kereta Cepat ke Bandung

2. PDIP peringkat pertama sebagai partai dengan elektabilitas tertinggi

Elektabilitas Terus Naik, PAN Diyakini Lolos ke ParlemenKetua Umum PAN, Zulkifli Hasan atau Zulhas saat berpidato dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) II PAN, Selasa (31/8/2021). (dok. PAN)

Sementara itu, partai berbasis agama Islam lainnya seperti PPP tidak lolos ke Parlemen. 

"PAN 4,5 persen, PPP 2,4 persen, Perindo 1,9 persen, PSI 0,8 persen," tulis Indikator seperti dikutip pada Sabtu (30/9). 

Sementara itu PDIP sendiri masih di peringkat pertama daftar partai sebagai elektabilitas tertinggi di ikuti Gerindra di posisi kedua.

"PDIP 26 persen, Gerindra 12,6 persen, Golkar 9,2 persen, PKB 7,5 persen, PKS 5,2 persen, Demokrat 5,1 persen, Nasdem 4,8 persen," lanjutnya. 

3. Sosialisasi tertinggi di media sosial

Elektabilitas Terus Naik, PAN Diyakini Lolos ke ParlemenKetua Umum (Ketum) PAN Zulkifli Hasan bersama petinggi PAN dan kader PAN mendaftarkan bacaleg ke KPU RI, Jakarta Pusat (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

PAN juga masuk ke dalam daftar 3 besar sebagai partai dengan tingkat sosialisasi tertinggi di media sosial, media online, dan televisi. (WEB)

*artikel ini merupakan kerja sama PAN dan IDN Times.

Baca Juga: PAN Ragu Pemilu 2024 Hanya Akan Diikuti Dua Bakal Capres 

Topik:

  • Ridho Fauzan

Berita Terkini Lainnya