Wapres Ingatkan Putusan MK Jangan Berimbas ke Kinerja Pemerintah

Wapres minta pemda untuk tingkatkan kepercayaan masyarakat

Jakarta, IDN Times - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengatakan, kinerja pemerintah tidak seharusnya menurun dengan adanya putusan Mahkamah Konstitusi mengenai batasan usia calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres). Sebab, menurutnya kedua isu tersebut tidak memiliki relevansi.

Sebelumnya, hasil survei dari Lembaga Survei Indonesia (LSI) menyebutkan, tingkat kepercayaan publik kepada semua lembaga negara menurun di kisaran 50 persen pascaputusan MK.

"Itu (putusan MK) kan hal lain. Kinerja pemerintah tidak terkait dengan itu kan. Kinerja satu masalah, itu satu masalah. Jangan sampai kinerja terimbas oleh itu," ujar Mar'uf Amin dalam keterangan persnya usai menghadiri Silaturahim Nasional (Silatnas) VII Kontak Santri Agribisnis Indonesia (KONSAIN), di Pondok Pesantren Syaichona Cholil Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur, Selasa (24/10/2023).

1. Wapres ajak masyarakat untuk tetap mendorong pemerintah agar bekerja optimal

Wapres Ingatkan Putusan MK Jangan Berimbas ke Kinerja PemerintahSpanduk bertuliskan, 'warga Pasar Segiri Bukan Binatang' dipegang sebagai bentuk kritik terhadap pemerintah. Mereka kukuh bertahan di Jalan dr Soetomo, Samarinda Ulu ulu untuk menuntut ganti rugi pemerintah (IDN Times/Yuda Almerio)

Wapres mengajak masyarakat untuk tetap mendorong penyelenggaraan pemerintahan, agar terus bekerja secara optimal guna menuntaskan permasalahan-permasalahan rakyat.

"Dengan bekerja itu, nanti kita harapkan timbul kepercayaan bahwa pemerintah ini bekerja dengan baik dan memperhatikan masalah-masalah yang menjadi, dihadapi oleh rakyat," ujarnya.

Baca Juga: Diduga Melanggar, Ketua MK Dilaporkan ke Dewan Etik Hakim Konstitusi

2. Ma'ruf Amin minta pemda untuk tingkatkan kepercayaan masyarakat

Wapres Ingatkan Putusan MK Jangan Berimbas ke Kinerja PemerintahIlustrasi dialog antara pemerintah, TNI, Polri dengan tokoh masyarakat adat. (IDN Times/Ervan )

Dia meminta hal yang sama dari pemerintah daerah (Pemda), baik gubernur, bupati, maupun wali kota untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat.

"Kemudian Pemda, semua kita kerja keras supaya kepercayaan kita tidak turun. Kalau bisa kita naikkan," tegas Wapres.

3. Wapres minta seluruh elemen pemerintah untuk bekerja keras

Wapres Ingatkan Putusan MK Jangan Berimbas ke Kinerja PemerintahWakil Presiden RI Maruf Amin (Dok. Setwapres RI)

Ma'ruf juga meminta pemerintah pusat dan daerah untuk bekerja keras meningkatkan tingkat kepercayaan dan kredibelitas lembaga negara.

"Kita bekerja dengan keras. Semua bekerja dengan keras," ujarnya.

Baca Juga: Sindiran PPP: Sekarang Doa Gak Lagi Amin, Ada Amin yang Geser Gus Dur

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya