Kurangi Polusi Jakarta, BNPB Lanjutkan Operasi Water Mist Spraying

Lakukan TMC, langit di wilayah Jakarta mulai terlihat bersih

Jakarta, IDN Times - Pemerintah terus berupaya untuk mengurangi polusi udara di wilayah Jakarta, salah satunya dengan melakukan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) dengan metode water mist spraying yang menggunakan dua pesawat cesna.

"Upaya ini dilaksanakan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bersama BRIN, BMKG, TNI dan pihak terkait lainnya di wilayah Jakarta," ujar Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari dikutip dari siaran pers, Selasa (12/9/2023).

1. Water Mist Spraying pertama kali dilaksanakan selama KTT ke-43 ASEAN

Kurangi Polusi Jakarta, BNPB Lanjutkan Operasi Water Mist SprayingTMC BNPB dengan Water Mist Spraying

Sebelumnya, operasi TMC telah dilaksanakan selama pelaksanaan Konfrensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN, karena dianggap efektif operasi ini akan terus dilanjutkan.

BNPB mengerahkan dua pesawat fixed wing untuk melakukan evaporasi buatan dengan teknik baru di langit Jakarta. Teknik yang digunakan disebut water spray," ujar Deputi Penanganan Darurat BNPB, Mayjen TNI Fajar Setyawan, Sabtu, 9 September 2023.

Baca Juga: KTT ASEAN Selesai, Polusi Udara Jakarta Terburuk Kedua Dunia

2. Operasi TMC dilakukan dengan durasi terbang selama 82 jam 50 menit dengan 70.500 liter air

Kurangi Polusi Jakarta, BNPB Lanjutkan Operasi Water Mist SprayingTMC BNPB dengan Water Mist Spraying

Operasi TMC dimulai sejak Senin (4/9/2023) hingga Senin (11/9/2023) dengan durasi terbang selama 82 jam 50 menit dan membawa 70.500 liter air yang disemprotkan untuk membentuk evaporasi buatan di langit Jakarta.

"Dalam satu hari, setiap pesawat melakukan empat kali sorti di beberapa wilayah di Jakarta yakni Jakarta Pusat, Jakarta Timur, dan Jakarta Utara," ujar Abdul.

3. Memberikan dampak signifikan, langit di wilayah Jakarta mulai terlihat bersih

Kurangi Polusi Jakarta, BNPB Lanjutkan Operasi Water Mist SprayingLangit Jakarta Pasca Operasi TMC dengan Water Mist Spraying BNPB

Dia menyampaikan, upaya ini mulai memberikan dampak signifikan dimana terjadi penurunan nilai polutan PM 2.5 berdasarkan iqair.com. Langit di wilayah Jakarta mulai terlihat bersih.

"BNPB akan terus melakukan upaya pengurangan polusi di Jakarta hingga beberapa hari ke depan dan dengan menyesuaikan kondisi yang diperlukan," ujarnya.

Baca Juga: Pemprov DKI Pasang 30 Water Mist di Gedung Pemerintahan sampai RS

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya