Kepala KSP: Banyak Kemajuan 9 Tahun Pemerintahan Presiden Jokowi

Moeldoko sebut Indonesia Maju dengan tempo yang direncanakan

Jakarta, IDN Times - Kepala Staf Kepresidenan Republik Indonesia, Moeldoko mengapresiasi kinerja pemerintah yang berhasil membawa nama Indonesia ke kancah internasional dengan sukses menyelenggarakan beberapa acara berskala global, yakni KTT ASEAN ke 43 dan G20 Indonesia.

Moeldoko mengatakan, kesuksesan Indonesia menjadi tuan rumah untuk acara berskala internasional membuktikan Indonesia telah mampu meraih kemajuan sehingga mampu mengangkat pondasi yang kuat sebagai lompatan generasi selanjutnya.

"Terdapat lima strategi yang betul-betul dijalankan oleh pemerintah sebagai sebuah pondasi dan batu lompatan, yakni pembangunan SDM, pengentasan kemiskinan, pembangunan di sektor birokrasi, dan pembenahan di sektor regulasi," ujar Moeldoko saat acara Peluncuran Capaian Kinerja 2023 di YouTube @FM91D, Selasa (24/10/2023).

"Serta adanya pembenahan ekonomi seperti kemarin Presiden Joko "Jokowi" Widodo meresmikan bursa karbon. Indonesia ini sangat kaya, karbon kita dapat menghasilkan sesuatu yang luar biasa. Kita punya mangrove, lahan gambut, dan hutan yang luas," sambungnya.

Baca Juga: Jokowi Beri Kode Reshuffle Kabinet Pekan Ini

1. Kepala KSP sebut Indonesia dapat capai kemajuan

Kepala KSP: Banyak Kemajuan 9 Tahun Pemerintahan Presiden Jokowiilustrasi perekonomian (pixabay.com/Geralt 9301)

Menurut Moeldoko, apabila kelima strategi ini terus dilanjutkan, bukan tidak mungkin Indonesia akan terus melahirkan pusat-pusat ekonomi baru yang meningkatkan tingkat perekonomian dan pendapatan per kapita masyarakat. 

"Jika lima strategi ini dilanjutkan, kita akan mencapai Indonesia maju dengan tempo yang bisa direncanakan. Ini bukan hal yang mustahil," tegas Moeldoko.

Moeldoko berharap, Indonesia dapat mencapai kemajuan mengingat sebentar lagi Indonesia akan mengalami bonus demografi pada tahun 2030. Dia pun mengajak masyarakat Indonesia untuk optimistis.

"Kita memiliki pondasi yang kuat, jika dikelola dengan SDM yang berkualitas juga coba dibayangkan. Indonesia punya SDA yang mumpuni," sambung Moeldoko.

Baca Juga: Moeldoko Beberkan Capaian 4 Tahun Kinerja Jokowi-Ma'ruf

2. Moeldoko: banyak pencapaian selama 9 tahun pemerintahan Presiden Jokowi

Kepala KSP: Banyak Kemajuan 9 Tahun Pemerintahan Presiden JokowiPresiden Joko Widodo (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Moeldoko melanjutkan, selama 9 tahun masa pemerintahan Presiden Jokowi sudah banyak pencapaian yang didapat oleh Indonesia dari berbagai sektor.

"Di bidang ekonomi, kita memasuki upper income padahal sebelumnya kita middle income. Stabilitas dalam negeri kita juga terjaga selama sembilan tahun ini, tidak mudah menjaga kepercayaan publik dan internasional, kalau tidak ada jangan harap ada investasi yang masuk ke Indonesia," ujarnya.

"Demokrasi kita juga baik, ini kan tugas-tugas pemerintah," lanjutnya.

Baca Juga: Moeldoko Minta Petani Perkuat Hubungan dengan Pemerintah

3. Indonesia perlu benahi transformasi digital untuk capai negara maju

Kepala KSP: Banyak Kemajuan 9 Tahun Pemerintahan Presiden JokowiMenteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Budi Arie Setiadi (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Sementara itu, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Budi Arie Setiadi, mengatakan, saat ini kecepatan internet Indonesia peringkat 9 dari 10 negara di Asia. Menurutnya, ini merupakan hal yang perlu dibenahi mengingat transformasi digital merupakan hal yang penting untuk mencapai kemajuan Indonesia. 

"Terdapat empat pilar transformasi digital, yakni infrastruktur, pemerintahan digital, ekonomi digital, dan masyarakat digital yang diperlukan untuk mewujudkan Indonesia Maju," ujar Budi.

"Kecepatan internet kita masih 22mbps, peringkat 98 di dunia. Jadi jangan dibandingkan dengan Singapura atau negara maju lainnya. Masih banyak PR kita," ucap Budi.

Baca Juga: Cegah Perpecahan, Menkominfo Putus Akses Konten Hoaks Jelang Pemilu

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya