Deklarasi Pemilu 2024 Damai, Pemkot Jakut: Kita yang Tentukan Situasi

Diperlukan triple helix untuk hadapi pemilu mendatang

Jakarta, IDN Times - Kota Administrasi Jakarta Utara mengawali tahapan penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 dengan agenda deklarasi damai yang digelar di Ruang Bahari, lantai 14, Kantor Wali Kota Jakarta Utara, Kamis (31/8/2023).

Deklarasi damai ini juga ditandai dengan penandatanganan oleh Forum Komunikasi Pimpinan Kota (Fokopimko), perwakilan partai politik, dan tokoh agama.

Baca Juga: Negara Paling Rawan Potensi Pelanggaran Pemilu 2024, Pertama Malaysia

1. Perlu kesepakatan bersama ciptakan situasi politik yang aman, damai, dan tertib

Deklarasi Pemilu 2024 Damai, Pemkot Jakut: Kita yang Tentukan SituasiWalikota Kota Administrasi Jakarta Utara , Ali Maulana Hakim meninjau lokasi kebocoran tanggul laut di Kampung Bengek Muara Baru, Kelurahan Penjaring, Penjaringan. (Dok.KOMMINFOTIK JU)

Wali Kota Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim, mengatakan, deklarasi damai merupakan langkah awal dan niat baik untuk disepakati bersama. Hal ini sebagai komitmen dalam menciptakan Pemilu 2024 yang aman, damai, tertib, dan berintegritas.

"Situasi dan kondisi pemilu nantinya kita yang tentukan. Kami yakin kita semua kompak karena kita satu kesatuan keluarga besar Jakarta Utara," ujar Ali Maulana Hakim, dikutip dari siaran pers, Kamis (31/8/2023).

Baca Juga: Polri Utamakan Personel 50 Tahun ke Bawah untuk Kawal Pemilu 2024

2. Sambut Pemilu 2024 dengan saling menghormati dan kuatkan komunikasi

Deklarasi Pemilu 2024 Damai, Pemkot Jakut: Kita yang Tentukan SituasiIlustrasi toleransi agama (IDN Times/Mardya Shakti)

Ali berharap, masyarakat menyambut pesta demokrasi tahun 2024 dengan suka cita.

Kunci hadirnya kedamaian, kata dia,  dengan saling menghormati dan menguatkan komunikasi satu sama lain.

Baca Juga: Ormas Perempuan Dorong Komitmen Pemerintah Wujudkan Pemilu yang Setara

3. Perlu kerja sama hadapi pemilu

Deklarasi Pemilu 2024 Damai, Pemkot Jakut: Kita yang Tentukan SituasiKPU RI menggelar simulasi pengiriman logistik Pemilu 2024 di Kantor KPU Kabupaten Bogor, Cibinong, Jawa Barat. (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Sementara itu, Komandan Distrik Militer (Dandim) 0502 Jakarta Utara, Letnan Kolonel Kav. Tofan Tri Anggoro, menyampaikan konsep Triple Helix P+1M (P3M) dalam menghadapi pemilu mendatang.

Konsep ini menjelaskan perlunya kerja sama yang baik antara pemerintah, partai politik, pemuka agama, dan masyarakat dalam menciptakan kondisi yang aman, damai, tertib, dan berintegritas.

"Mari kita buktikan Jakarta Utara memang aman dalam pelaksanaan pemilu," ucapnya.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang. 

Baca Juga: Sidang Menteri Sosbud ASEAN Hasilkan 5 Dokumen, Apa Saja?

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya