Warga Antusias Sambut Paus Fransiskus di Seberang Istana Merdeka

Mereka terlihat menonton dari pinggir jalan seberang Istana

Jakarta, IDN Times - Kedatangan pemimpin Vatikan, Paus Fransiskus di Indonesia menjadi perhatian publik. Ada sejumlah agenda Paus Fransiskus selama di Indonesia.

Salah satunya bertemu dengan Presiden Joko "Jokowi" Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, pada Rabu (4/9/2024). Kedatangan Paus juga disambut antusias warga.

Mereka berbaris menyambut kedatangan Paus Fransiskus di seberang Istana Merdeka yang berada di Jalan Medan Merdeka Utara. Saat Paus Fransiskus tiba, warga melambaikan tangan ke arah mobil yang membawa Paus.

Sejumlah warga juga ada yang bersorak gembira melihat Paus Fransiskus secara langsung.

Saat Paus Fransiskus berada di depan Istana bersama Presiden Jokowi, warga terus melambaikan tangan. Sejumlah aparat kepolisian juga berjaga di seberang Istana Merdeka.

Kedatangan Paus Fransiskus juga disambut dengan upacara kenegaraan. Selain itu, sejumlah dentuman meriam turut menyambut kedatangan Paus Fransiskus di Istana Merdeka.

Lagu kebangsaan Indonesia dan Vatikan juga diperdengarkan dalam upacara kenegaraan. Dentuman meriam terus terdengar selama lagu kebangsaan Vatikan dan Indonesia Raya diperdengarkan.

Setelah itu, Paus Fransiskus masuk ke dalam Istana Merdeka. Presiden Jokowi mempersilakan Paus Fransiskus untuk mengisi buku tamu kenegaraan.

Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden, Yusuf Permana mengatakan, setelah upacara kenegaraan, Paus Fransiskus akan disambut dengan rangkaian acara formal di Istana Negara.

Presiden Jokowi dan Paus akan mengadakan pertemuan tertutup untuk membahas berbagai isu penting, termasuk perdamaian dunia dan dialog antaragama.

Yusuf menambahkan, kunjungan ini akan melibatkan pertemuan dengan tokoh-tokoh agama di Indonesia.

"Selain itu, juga akan ada pertemuan dengan para tokoh agama dan korps diplomatik di Istana Negara. Pertemuan ini akan memperkuat hubungan antaragama di Indonesia," ucap dia.

Paus Fransiskus berada di Indonesia dari 3-6 September 2024. Paus juga diagendakan akan memimpin Misa Akbar di Kompleks Gelora Bung Karno (GBK) pada 5 September 2024.

Baca Juga: Paus Fransiskus Tiba di Istana Merdeka, Disambut Dentuman Meriam

Baca Juga: Anak-anak Berbaju Adat Nusantara Siap Sambut Paus Fransiskus di Istana

Baca Juga: Gaya Hidup Keluarga Jokowi Jadi Sorotan di Tengah Kesederhanaan Paus

Topik:

  • Dheri Agriesta
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya