Wapres Harap Capim dan Dewas KPK Punya Empat Kriteria Ini

Capim dan Dewas KPK diharapkan berintegritas dan komitmen

Intinya Sih...

  • Wakil Presiden Ma'ruf Amin berharap Capim dan Dewas KPK memiliki rekam jejak bersih, berintegritas, komitmen pencegahan korupsi, dan independen
  • Pendaftaran untuk Capim dan Dewas KPK periode 2024-2029 telah dibuka, dengan 201 orang sudah mendaftar termasuk 4 calon Capim dan 4 calon Dewas
  • Pansel terus melakukan sosialisasi untuk mendorong partisipasi warga Indonesia yang kompeten dan berintegritas dalam seleksi Capim dan Dewas KPK

Pasuruan, IDN Times - Panitia seleksi sudah membuka pendaftaran untuk calon pimpinan (capim) dan Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2024-2029. Wakil Presiden Ma'ruf Amin berharap Capim dan Dewas KPK memiliki empat karakter.

“Saya kira paling pertama, rekam jejaknya harus bersih. Itu rekam jejak. Sebab kalau rekam jejaknya sudah tidak bersih, saya kira sulit,” ujar Ma'ruf di Pasuruan, Kamis (27/6/2024).

1. Wapres mengatakan Capim dan Dewas KPK harus berintegritas

Wapres Harap Capim dan Dewas KPK Punya Empat Kriteria IniWakil Presiden Ma'ruf Amin berkunjung PT Prada Tanara Pratama di Kawasan Industri PIER Kabupaten Pasuruan, Kamis (27/6/2024) (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Kemudian yang kedua, harus berintegritas. Ketiga, memiliki komitmen yang baik untuk pencegahan dan pemberantasan korupsi.

“Yang keempatnya, independen dan independen jangan titipan ya, betul-betul (independen)," kata dia.

“Jadi, rekam jejaknya bagus, komitmennya juga, integritasnya, dan juga independensinya,” sambungnya.

Baca Juga: Pansel Capim Minta Masukan KPK soal Pimpinan Periode 2024-2029

2. Sudah ada yang mendaftar

Wapres Harap Capim dan Dewas KPK Punya Empat Kriteria IniGedung KPK (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Secara terpisah, Wakil Ketua Pansel Capim dan Dewas KPK, Arif Satria mengatakan, pendaftaran dibuka sejak Rabu (26/6/2024). Hingga(27/6/2024), sudah ada empat orang yang mendaftar sebagai Capim dan Dewas KPK.

"Per tanggal 27 Juni 2024, jumlah orang telah registrasi akun sebanyak 201 orang. jumlah pendaftar untuk seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi Masa Jabatan Tahun 2024-2029 sebanyak 4 orang dan untuk Calon Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi Masa Jabatan Tahun 2024-2029 sebanyak 4 orang," kata Arif kepada jurnalis.

Baca Juga: Pansel Capim dan Dewas KPK Diminta dengarkan Suara Pegawai

3. Pansel terus melakukan sosialisasi pendaftaran

Wapres Harap Capim dan Dewas KPK Punya Empat Kriteria IniWakil Ketua Pansel calon pimpinan dan Dewan Pengawas KPK, Arif Satria (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Arif mengatakan, Pansel terus melakukan sosialisasi terkait pendaftaran Capim dan Dewas KPK. Pendaftaran terbuka untuk semua warga Indonesia.

"Panitia Seleksi mendorong semakin banyak masyarakat Indonesia yang kompeten dan berintegritas yang ikut serta mendaftar pada seleksi ini," imbuhnya.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya