Viral Pria di Gresik Nikahi Kambing, Ini Kata Kemenag

Kemenag sebut pernikahan sebagai salah satu cara beribadah

Jakarta, IDN Times - Seorang lelaki berinisial SA (44) asal Gresik, Jawa Timur viral di media sosial karena menikahi seekor kambing. Sekretaris Ditjen (Sesditjen) Bimas Islam Kementerian Agama (Kemenag), M Fuad Nasar, buka suara.

Dia meminta kepada masyarakat untuk menjaga kesakralan pernikahan. Sebab, dalam pernikahan itu ada perjanjian antara manusia dengan Tuhan.

“Hormati sakralitas lembaga pernikahan. Bangsa Indonesia dikenal sebagai bangsa yang agamis. Maka ketika bicara pernikahan atau perkawinan dalam pikiran bawah sadar tentu yang dimaksud pernikahan menurut hukum agama atau kepercayaan masing-masing, tidak ada selain itu,” ujar Fuad dalam keterangannya, Kamis (9/6/2022).

Baca Juga: Pria di Gresik Nikah dengan Kambing, Ini Kata Pengunggah Video

1. Pernikahan merupakan jalan ibadah kepada Tuhan

Viral Pria di Gresik Nikahi Kambing, Ini Kata KemenagTangkapan layar video pria di Gresik nikahi seekor kambing. Dok Istimewa

Fuad menerangkan, pernikahan antara lelaki dan perempuan merupakan salah satu jalan ibadah kepada Tuhan. Dia menegaskan, pernikahan antara manusia dan kambing tak sah

“Tidak sah nikah tanpa mengikuti ketentuan agama atau nikah yang tidak mengindahkan syariat agama,” ucapnya.

Oleh karena itu, Fuad mewanti-wanti kepada masyarakat untuk membangun keluarga yang sakinah. Bukan justru menikahi hewan sebagai pasangan.

“Keterkaitan antara perkawinan dan agama adalah sesuatu yang prinsipil bagi setiap umat beragama yang menjunjung tinggi nilai-nilai agamanya dalam pembentukan keluarga," katanya.

Baca Juga: Viral Pria Asal Gresik Menikah dengan Kambing

2. Viral lelaki asal Gresik menikah dengan kambing

Viral Pria di Gresik Nikahi Kambing, Ini Kata KemenagSesditjen Bimas Islam Kemenag, Fuad Nasar (dok. Kemenag)

Dalam tayangan video, terlihat seorang lelaki dan seekor kambing pegantin duduk berjejer bersama saling menghadap penghulunya. Keduanya lantas dinikahkan oleh seorang penghulu layaknya pasangan manusia pada umumnya secara Islami.

Pernikahan tersebut juga disaksikan oleh banyak orang dan digelar di luar ruangan atau lapangan terbuka. Si pria juga tampak mengucapkan mahar uang saat ijab qobul kepada kambing yang dinikahinya.

Aksi pernikahan seorang pria dengan seekor kambing tersebut sengaja dilakukan karena si lelaki mengaku mendapatkan bisikan gaib. Dia harus menikah dengan seekor kambing betina yang diberi nama Sri Rahayu binti Bejo. Pernikahan itupun sendiri diduga dilaksanakan pada Minggu (5/6/2022).

3. MUI Gresik menentang keras pernikahan hewan dengan manusia

Viral Pria di Gresik Nikahi Kambing, Ini Kata KemenagTangkapan layar video pria di Gresik nikahi seekor kambing. Dok Istimewa

Ketua MUI Kecamatan Benjeng Gresik, Abdul Munif, ikut berkomentar. Ia menentang keras pernikahan yang dilakukan manusia dengan seekor binatang tersebut.

Terlebih, pernikahan itu dilaksanakan secara islami. Selain itu, Munif juga menganggap pernikahan tersebut dianggap menyimpang.

"Kalau memang pernikahan itu dilaksanakan secara agama itu kita anggap menyimpang dan malah pernikahan tersebut kita dinggap melecehkan Islam karena membawa unsur agama," pungkasnya.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya