Undang 3 Capres, Jokowi Disebut Ingin Tunjukkan Netralitas di 2024

Moeldoko juga ngaku akan netral

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengundang makan siang tiga calon presiden (capres), Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto di Istana Merdeka, Jakarta, pada Senin (30/10/2023). Kepala Staf Kepresidenan (KSP), Moeldoko mengatakan Presiden Jokowi ingin menunjukkan netralitasnya pada Pilpres 2024.

"Ya, intinya Pak Presiden ingin menunjukkan kepada masyarakat beliau netral dalam konteks ini dan selalu bicara sama saya, kita netral. Kalau masuk KSP, saya jaga semaksimal mungkin netral," ujar Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (6/11/2023).

Baca Juga: Jokowi Makan Siang Bersama 3 Capres Dinilai Contoh Politik Adem

1. Tak masalah meski ada Gibran jadi cawapres

Undang 3 Capres, Jokowi Disebut Ingin Tunjukkan Netralitas di 2024Kepala Staf Presiden (KSP), Moeldoko (IDN Times/Ilman)

Moeldoko mengatakan, Jokowi tetap akan netral meski Gibran Rakabuming Raka sudah didaftarkan sebagai calon wakil presiden (cawapres) mendampingi Prabowo Subianto.

"Kebetulan saja, tapi intinya dengan pengalaman dan kampanye beberapa bulan lalu maka presiden betul-betul pada posisi bisa diharapkan masyarakat, khususnya netral, sehingga kondisi nanti baik," kata dia.

Baca Juga: Mahfud Benarkan 3 Capres Diundang Jokowi Makan Siang di Istana

2. Jokowi sebut makan siang cawapres dalam suasana hangat

Undang 3 Capres, Jokowi Disebut Ingin Tunjukkan Netralitas di 2024Tiga Capres yakni Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo diundang Presiden Jokowi makan siang di Istana Negara, Senin (30/10/2023) (IDN Times/Muhammad Ilman Na'fian)

Sebelumnya, Melalui akun Instagram-nya, Jokowi menyampaikan suasana makan siang dengan tiga capres berlangsung hangat.

"Kami bersantap dalam suasana hangat dan diselingi perbincangan akrab," ujar Jokowi, Senin (30/10/2023).

3. Menu makan siang Jokowi dan tiga capres

Undang 3 Capres, Jokowi Disebut Ingin Tunjukkan Netralitas di 2024Tiga Capres yakni Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo diundang Presiden Jokowi makan siang di Istana Negara, Senin (30/10/2023) (IDN Times/Muhammad Ilman Na'fian)

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan, ada sjumlah menu yang dihidangkan untuk menjamu tiga capres itu. Mulai dari Soto Lamongan, cumi, hingga jus jeruk.

"Terima kasih atas kehadiran Pak Prabowo, Pak Ganjar, dan Pak Anies," ucap dia.

Berikut menu yang dihidangkan Istana untuk menjamu tiga capres 2024:
- Nasi Putih
- Soto Lamongan
- Ayam Kodok
- Sapi Lada Hitam
- Bebek Panggang
- Cumi Goreng
- Udang Goreng Telur Asin
- Kaylan Cah Sapi
- Es Laksamana Mengamuk
- Orange Juice

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya