Stafsus Jokowi Yakin Ganjar Bakal Prioritaskan Program Disabilitas

Ganjar dianggap sudah terbukti perhatikan disabilitas

Jakarta, IDN Times - Staf Khusus (Stafsus) Presiden Joko "Jokowi" Widodo, Angkie Yudistia, menyatakan dukungannya kepada calon presiden (capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo. Angkie yakin Ganjar akan memprioritaskan program yang berkaitan dengan kelompok disabilitas.

"Kami yakin pilih Pak Ganjar. Karena kami percaya, Pak Ganjar akan membawa Indonesia lebih baik dan lebih inklusi dengan program-program unggulan beliau," ujar Angkie saat menghadiri Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2023 di Mataram, Lombok, bersama Ganjar, Minggu (3/12/2023).

Baca Juga: Ganjar Ingatkan Bawaslu Beri Pendampingan untuk Kaum Difabel

1. Ganjar dianggap mengerti kondisi disabilitas

Stafsus Jokowi Yakin Ganjar Bakal Prioritaskan Program DisabilitasCapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo berkampanye di Kendari, Sulawesi Tenggara. (IDN Times/Muhammad Ilman Nafi'an)

Angkie menilai, Ganjar mengerti kondisi disabilitas. Menurutnya, hal itu sudah terlihat ketika Ganjar menjabat Gubernur Jawa Tengah dua periode.

"Karena beliau itu mengerti dan memahami betul apa yang dibutuhkan penyandang disabilitas. Beliau mau merangkul teman-teman disabilitas dalam pengambilan kebijakannya saat menjadi Gubernur Jateng. Kami berharap, beliau juga akan merangkul seluruh penyandang disabilitas di Indonesia jika kelak menjadi presiden," ucap dia.

Baca Juga: Kampanye di Kendari, Ganjar Ngaku Dibisiki Jokowi Fokus Daulat Pangan

2. Ganjar serap aspirasi kelompok disabilitas

Stafsus Jokowi Yakin Ganjar Bakal Prioritaskan Program DisabilitasGanjar Pranowo kampanye di Kendari, Sulawesi Tenggara (IDN Times/ilman Nafi'an)

Dalam kesempatan itu, Ganjar menyerap sejumlah aspirasi dari kelompok disabilitas.

"Tadi ada yang menyampaikan, 'Di sini sudah pakai kursi roda, Pak, tapi saya sulit untuk naik tangga. Bapak tolong berikan akses. Pak, saya tunanetra, tolong berikan jalan yang ada tandanya dan kami tahu'," ucap Ganjar.

Mantan Gubernur Jawa Tengah itu kemudian berjanji akan menghadirkan inklusivitas penyediaan infrastruktur bagi kelompok disabilitas. Sehingga, ketika mereka berada di area publik, bisa mudah mengaksesnya.

Ganjar menegaskan, semua orang hidup di dunia ini memiliki keseteraan yang sama. Oleh karenanya, dia ingin semua orang memiliki hak yang sama.

3. Ganjar mengaku kerap mengajak kelompok difabel

Stafsus Jokowi Yakin Ganjar Bakal Prioritaskan Program DisabilitasGanjar Pranowo kampanye di Kendari, Sulawesi Tenggara (IDN Times/ilman Nafi'an)

Ganjar kemudian berjanji akan menghadirkan inklusivitas penyediaan infrastruktur bagi kelompok disabilitas. Sehingga, ketika mereka berada di area publik, bisa mudah mengaksesnya.

Ganjar menegaskan, semua orang hidup di dunia ini memiliki keseteraan yang sama. Oleh karenanya, dia ingin semua orang memiliki hak yang sama.

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya