Setelah Ganjar Pranowo, Jokowi Kini Kunjungi NTT

Ganjar tak masalah Jokowi ke NTT usai dirinya kampanye

Palu, IDN Times - Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo, berkampanye di Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Jumat (1/12/2023). Setelah Ganjar, Presiden Joko "Jokowi" Widodo pun melakukan kunjungan kerja ke NTT pada Senin (4/12/2023).

Ganjar mengaku agenda Jokowi ke NTT bukan berarti untuk menutup kampanyenya. Dia menyebut, Presiden merupakan orang yang bisa ke mana saja.

"Oh nggak, Pak Jokowi kan presiden. Karena Pak Jokowi presiden, Pak Jokowi bisa ke mana pun untuk kepentingan apapun. Saya selalu menghormati, gak apa-apa," ujar Ganjar di Palu, Sulawesi Tengah.

Baca Juga: PPP Ajak Kadernya Fokus Menangkan Ganjar-Mahfud di Pilpres 2024

1. Agenda Ganjar di NTT

Setelah Ganjar Pranowo, Jokowi Kini Kunjungi NTTGanjar Pranowo napak tilas ke rumah pengasingan Presiden ke-1 RI, Sukarno di Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Sabtu (2/12/2023) (IDN Times/Istimewa)

Ada sejumlah agenda Ganjar Pranowo di NTT. Salah satunya napak tilas ke rumah pengasingan Presiden ke-1 RI, Sukarno di Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Sabtu (2/12/2023). Kunjungan itu merupakan salah satu bagian kampanye Ganjar Pranowo di NTT.

Ganjar mengaku, setiap datang ke Ende, selalu menyempatkan datang ke rumah pengasingan Bung Karno.

“Setiap kita ke Ende pasti kita ke situsnya dan di sinilah 4 tahun kurang lebih Bung Karno ada di sini,” ujar Ganjar dalam keterangannya.

Baca Juga: Orasi di Depan Mahasiswa NTT, Ganjar Cerita Pernah Ditangkap saat Demo

2. Ganjar sempat membasuh wajah di sumur tempat Bung Karno memenuhi kebutuhan airnya

Setelah Ganjar Pranowo, Jokowi Kini Kunjungi NTTGanjar Pranowo napak tilas ke rumah pengasingan Presiden ke-1 RI, Sukarno di Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Sabtu (2/12/2023) (IDN Times/Istimewa)

Di area rumah pengasingan itu, terdapat sumur yang digunakan Bung Karno untuk memenuhi kebutuhan airnya. Ganjar kemudian membasuh wajah dan kakinya di sumur tersebut.

Selain itu, Ganjar juga melihat-lihat perabotan yang pernah digunakan Bung Karno selama berada di rumah pengasingan.

3. Ganjar bertemu dengan sejumlah anak muda di Kupang

Setelah Ganjar Pranowo, Jokowi Kini Kunjungi NTTGanjar Pranowo berkampanye di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) (IDN Times/Istimewa)

Selain itu, Ganjar juga bertemu dengan sejumlah anak muda di Kupang, NTT. Anak muda yang hadir antara lain, influencer, musisi, mantan finalis Puteri Indonesia dan mantan Puteri Pariwisata NTT.

Salah satu musisi NTT, Yusten Kaesmetan, menyampaikan kesulitannya mengenai biaya merekam lagu di studio.

“Biaya rekaman, butuh sponsor, karena biasanya satu lagu Rp2 juta,” ujar Yusten saat berbincang dengan Ganjar.

Yusten kemudian mengaku pandai membuat lagu. Dia unjuk keahliannya menciptakan lagu di depan Ganjar.

“Saya kebetulan ciptakan lagu secara spontan, pak dan saya buat lirik ini dalam 5 menit,” ucap dia.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya