Serap Aspirasi, Pansel Capim-Dewas KPK akan Temui Pegiat Antikorupsi

Pansel juga akan bertemu dengan pimpinan BUMN

Intinya Sih...

  • Pansel Capim dan Dewas KPK akan bertemu dengan pimpinan BUMN untuk mendapatkan masukan terkait kriteria calon pimpinan dan Dewan Pengawas KPK.
  • Pendaftaran Capim dan Dewas KPK periode 2024-2029 akan dibuka mulai tanggal 26 Juni sampai 15 Juli 2024.

Jakarta, IDN Times - Panitia seleksi (Pansel) terus melakukan persiapan untuk membuka pendaftaran calon pimpinan (capim) dan Dewan Pengawas (Dewas) KPK periode 2024-2029. Wakil Pansel Capim dan Dewas KPK, Arif Satria mengatakan, pihaknya akan menemui sejumlah elemen untuk menyerap aspirasi.

Hal itu dilakukan agar Pansel mendapat masukan yang baik terkait kriteria apa saja terhadap Capim dan Dewas KPK.

"Kita sudah merencanakan, besok tanggal 5 Juni pukul 10 pagi akan ada pertemuan dengan para pemred media cetak maupun media elektronik, maupun media online di Setneg, dan agenda pertemuan dengan berbagai pihak, dimulai besok itu adalah dalam rangka menyerap aspirasi," ujar Arif di Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Selasa (4/6/2024).

Baca Juga: ICW Kritik Pansel Capim KPK yang Didominasi Unsur Pemerintah

1. Pansel juga akan temui pimpinan perguruan tinggi

Serap Aspirasi, Pansel Capim-Dewas KPK akan Temui Pegiat AntikorupsiWakil Ketua Pansel calon pimpinan dan Dewan Pengawas KPK, Arif Satria (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Kemudian pada 6 Juni 2024, Pansel Capim dan Dewas KPK juga akan bertemu dengan pimpinan perguruan tinggi. Pansel berharap masukan dari pimpinan perguruan tinggi.

"Pada tanggal 10 Juni, kami juga mengadakan pertemuan dengan pimpinan BUMN yang kemudian dilanjutkan siang harinya dengan pimpinan CSO (Civil Society Organization), jadi penggiat antikorupsi sangat banyak dan kita harapkan masukan-masukan dari publik, khususnya dari  temen-teman CSO untuk bisa menyampaikan aspirasi, kemudian juga menyampaikan harapan-harapannya, kemudian juga menyampaikan masukan-masukannya," tutur dia.

Baca Juga: KPK Sayangkan Tak Ada Mantan Pimpinan di Struktur Pansel Capim 

2. Waktu pendaftaran Capim dan Dewas KPK

Serap Aspirasi, Pansel Capim-Dewas KPK akan Temui Pegiat AntikorupsiKonferensi pers Pansel calon pimpinan dan Dewan Pengawas KPK (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Sebelumnya, Pansel telah mengumumkan pendaftaran Capim dan Dewas KPK periode 2024-2029. Pendaftaran dibuka dari 26 Juni sampai 15 juli 2024.

"Pendaftaran akan dimulai pada tanggal 26 Juni sampai dengan 15 Juli 2024," ujar Ketua Pansel capim dan Dewan Pengawas KPK, Muhammad Yusuf Ateh dalam konferensi pers di Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Jumat (31/5/2024).

3. Semua warga negara bisa daftar

Serap Aspirasi, Pansel Capim-Dewas KPK akan Temui Pegiat AntikorupsiKonferensi pers Pansel calon pimpinan dan Dewan Pengawas KPK (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Yusuf menjelaskan, semua warga negara bisa mendaftar menjadi calon pimpinan dan Dewan Pengawas KPK periode 2024-2029.

"Informasi lebih lanjut mengenai persyaratan dan tata cara pendaftaran dapat dilihat melalui laman KPK.go.id dan laman resmi Kementerian Sekretariat Negara, setneg.go.id," kata dia.

Topik:

  • Jujuk Ernawati

Berita Terkini Lainnya