Sempat Hujan, Penurunan Bendera HUT ke-79 RI di IKN Sukses

Jokowi pakai baju adat Banjar di upacara penurunan bendera

Intinya Sih...

  • Presiden Jokowi mengenakan baju adat Banjar di upacara penurunan bendera HUT ke-79 RI di Istana Negara
  • Ibu Negara Iriana Joko Widodo menggunakan pakaian adat nusantara, kolaborasi dari beberapa pakaian tradisional daerah di Indonesia
  • Paskibraka yang bertugas adalah Tim Indonesia Maju, berjumlah 38 orang, dengan Komang Tri Sela sebagai pembawa bendera Merah Putih

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo tidak menggunakan pakaian adat di upacara penurunan bendera peringatan HUT ke-79 RI di Istana Negara, Ibu Kota Nusantara (IKN), Sabtu (17/8/2024).

Pada upacara penurunan HUT ke-79 RI, Jokowi mengenakan baju adat Banjar. Sementara, baju yang dikenakan Ibu Negara Iriana Joko Widodo merupakan pakaian adat nusantara, kolaborasi pakaian adat dari beberapa pakaian tradisional daerah di Indonesia.

Dalam upacara pengibaran bendera pagi tadi, Presiden Jokowi mengenakan baju adat Kustim dari Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura.

Jelang penurun bendera, di kawasan Istana Negara IKN sempat hujan deras. Namun, hujan tidak berlangsung lama. Hanya sekitar lima menit.

Sejumlah petugas langsung membersihkan lokasi upacara. Kondisi terkini, langit IKN berawan.

Paskibraka yang bertugas saat upacara penurunan bendera adalah Tim Indonesia Maju, berjumlah 38 orang. Komang Tri Sela yang merupakan perwakilan dari Provinsi Bali terpilih sebagai pembawa bendera Merah Putih. Komang merupakan siswa di SMAN 1 Samarapura.

Anggota Paskibraka yang bertugas menurunkan bendera adalah Joe Bayden Imanuel Kallem yang mewakili Provinsi Papua Tengah. Sementara pembentang bendera adalah Abdul Zaky Hutera dari Provinsi DKI Jakarta, dan pengerek bendera adalah Sunnu Wahyudi dari Kalimantan Timur.

Kemudian, yang bertindak selaku Komandan Upacara penurunan bendera upacara HUT ke-79 RI adalah Kolonel Pnb. Taufik Nur Cahyanto. Adapun yang bertindak sebagai Komandan Kompi Paskibraka ialah AKP Ahmad Fahruroji Mulian.

Seluruh anggota Paskibraka Nasional berjumlah 76 orang. Jumlah tersebut dibagi menjadi 2 tim, yakni pengibar dan penurun bendera. Masing-masing tim berjumlah 38 orang. 

Tim Nusantara Baru bertugas dalam upacara kenaikan bendera HUT ke-79 RI pagi tadi.

Baca Juga: Pimpin Upacara Kemerdekaan di IKN, Jokowi-Prabowo Tunjukkan Keakraban

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya