Seloroh Jokowi Enggan Absen Capres di Acara HIPMI, Tapi Sebut Nama

Siapa saja nama yang disebut Jokowi?

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menghadiri acara pelantikan Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) di Jakarta. Dalam sambutan pembuka, Jokowi berseloroh biasanya mengabsen nama-nama yang ingin maju menjadi calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) 2024.

"Biasanya saya kalau pas datang di forum-forum partai yang saya lakukan pertama itu mengabsen calon capres dan cawapres, biasanya itu saya lakukan. Saya absen capres-cawapresnya yang hadir siapa, tapi karena yang ini forum ekonomi, saya tidak ingin mengabsen," ujar Jokowi sembari tersenyum dalam pidatonya yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (20/2/2023).

Baca Juga: HIPMI Dirikan Sentra Vaksinasi BPP HIPMI untuk Masyarakat Pesisir

1. Tak ingin absen tapi sebut sejumlah nama

Seloroh Jokowi Enggan Absen Capres di Acara HIPMI, Tapi Sebut NamaPresiden Jokowi di acara pelantikan Badan Pengurus Pusat HIPMI (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Meski berseloroh tak ingin mengabsen, Jokowi tetap menyebut sejumlah nama yang bakal maju sebagai capres-cawapres 2024. Pertama, Jokowi menyebut nama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, dan Menteri BUMN Erick Thohir.

"Saya tahu di sini hadir Pak Prabowo, hadir, ada juga Pak Airlangga, ada juga Pak Erick. Tapi, saya ini gak absen, biasa saya absen satu-satu," kata dia.

Baca Juga: Kala Jokowi Hampir Lupa Sebut AHY saat Absen Capres 2024 di Harlah PPP

2. Jokowi beberkan pemerintah berhasil tangani pandemik COVID-19

Seloroh Jokowi Enggan Absen Capres di Acara HIPMI, Tapi Sebut NamaPresiden Jokowi di acara pelantikan Badan Pengurus Pusat HIPMI (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Dalam kesempatan itu, Jokowi membeberkan keberhasilan pemerintah dalam menangani pandemik COVID-19. Dia mengatakan, di puncak pandemik, sejumlah negara melakukan lockdown.

"Saat itu kita ingat, hampir 72 negara hampir semuanya melakukan lockdown dan Indonesia tidak sama sekali. Itulah yang menyebabkan kenapa ekonomi kita bisa bertahan sampai sekarang dalam kondisi yang baik," ucap dia.

3. Jokowi hampir lupa sebut nama AHY saat absen soal capres

Seloroh Jokowi Enggan Absen Capres di Acara HIPMI, Tapi Sebut NamaPresiden Joko "Jokowi" Widodo di acara puncak Hari Lahir (Harlah) ke-50 Partai Persatuan Pembangunan (PPP) di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Tangerang Selatan (youtube.com/Petiga TV)

Sebelumnya, Jokowi menanyakan siapa yang akan didukung PPP untuk menjadi capres 2024. Pertanyaan Jokowi itu disampaikan dalam acara Harlah ke-50 PPP di ICE BSD, Tangerang Selatan.

"Saya mau bertanya, PPP ini calonnya siapa sih?" tanya Jokowi.

Jokowi juga menyebut nama-nama yang ingin maju menjadi capres 2024. Ada Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto; Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra Sandiaga Uno; Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD; dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.

Pada momen ini, Jokowi hampir lupa menyebut nama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), yang turut menghadiri acara ini.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya