Salawat Iringi Detik-Detik Pengumuman Mahfud Jadi Cawapres Ganjar

Mahfud MD resmi ditunjuk jadi cawapres Ganjar

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri akhirnya mengumumkan Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, sebagai cawapres pendamping Ganjar Pranowo untuk Pilpres 2024.

Pengumuman tersebut disampaikan langsung di kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (18/10/2023).

"Maka calon wakil presiden yang dipilih oleh Partai Demokrasi Perjuangan (PDIP) yang akan mendampingi Bapak Ganjar adalah Bapak Profesor Doktor Mahfud MD," ujar Megawati, disambut riuh sorak sorai dan tepuk tangan.

Setelah diumumkan, Ganjar dan Mahfud langsung masuk aula DPP PDIP. Dia terlihat semringah. Ganjar mengenakan baju hitam, sementara Mahfud mengenakan baju hijau. Salawat mengiringi keduanya saat keduanya menyalami pendukungnya menuju kursi yang sudah disiapkan.

Megawati mengatakan, Mahfud dipilih karena memiliki pengalaman yang baik dan dekat dengan masyarakat.

Hadir dalam momen ini sejumlah elite partai pendukung Ganjar Pranowo yakni PPP, Partai Perindo, Partai Hanura, dan PDIP, termasuk Sandiaga Uno dan Tuan Guru Bajang.   

Diketahui, pengumuman cawapres ini lebih awal dari biasanya. PDIP selama ini biasa mengumumkan pasangan capres-cawapres pada menit-menit terakhir jelang pendaftaran di Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Dengan demikian, sudah ada dua pasangan capres-cawapres jelang Pilpres 2024, setelah pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN) dideklarasikan pada Sabtu, 2 September 2023 di Hotel Majapahit, Surabaya, Jawa Timur.

Sementara, dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang mengusung bakal capres Prabowo Subianto sampai hari ini belum mendeklarasikan bakal cawapresnya. Putra sulung Presiden Joko "Jokowi" Widodo, Gibran Rakabuming Raka disebut-sebut bakal mendaminginya, pasca-putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang membolehkan capres-cawapres berusia di bawah 40 tahun, namun sudah atau sedang menjabat kepala daerah. Sebab, Gibran yang kini masih berusia 36 tahun disebut-sebut terganjal syarat usia sebagai bakal cawapres.

Baca Juga: Mahfud MD Resmi Ditunjuk Megawati dan Koalisi Jadi Cawapres Ganjar

https://www.youtube.com/embed/3CczEaBxCek

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya