Rano Karno Dinilai Bisa Bantu Anies Menang di Pilkada DKI Jakarta 

Rano Karno bisa jadi opsi bakal Cawagub Anies

Intinya Sih...

  • Rano Karno menjadi opsi Cawagub Anies Baswedan di Pilkada DKI Jakarta 2024.
  • Pengamat politik menilai pengalaman Rano di eksekutif dan legislatif dapat membantu kemenangan.
  • Nama-nama seperti Anies, Ahok, Andika, Tri Risma, dan Djarot juga tengah dipertimbangkan oleh PDIP.

Jakarta, IDN Times - Anies Baswedan di internal PDI Perjuangan (PDIP) menjadi salah satu nama potensial yang akan diusung pada Pilkada DKI Jakarta 2024. Pengamat Politik dari Universitas Indonesia (UI), Aditya Perdana, menilai salah satu kader banteng, Rano Karno bisa membantu kemenangan apabila PDIP mengusung Anies Baswedan.

"Sosok Rano Karno layak karena pernah berpengalaman di eksekutif dan legislatif. Artinya memang dia ini kan orang Jakarta yang memiliki track record (latar belakang) yang jelas sebagai seniman dan labeling-nya itu dari Jakarta. Jadi penerimaan sosok beliau sendiri di masyarakat relatif mudah, ga akan punya kesulitan," ujar Adit kepada jurnalis, Rabu (17/7/2024).

Baca Juga: Gerindra Lirik Anies dan Ahok di Pilgub Jakarta 2024

1. Mungkinkah Rano Karno jadi bakal calon Wakil Gubernur DKI?

Rano Karno Dinilai Bisa Bantu Anies Menang di Pilkada DKI Jakarta (instagram/@si.rano)

Dia mengatakan dengan pengalamannya di eksekutif dan legislatif, sudah pas bila Rano Karno diusung menjadi bakal calon Wakil Gubernur DKI Jakarta mendampingi Anies Baswedan. Namun, Adit mengatakan tak bisa memastikan apakah Rano akan dipilih oleh PDIP atau tidak sebagai bakal calon Wakil Gubernur DKI Jakarta.

"Yakin Rano Karno mau jadi Wakil Gubernur? Dia Mantan Gubernur, jadi artinya peluang itu (sebagai calon gubernur) masih ada, tapi mungkin dari politik sekarang lebih realistis kali ya," ucap dia.

Menurutnya, Rano Karno bisa menjadi pilihan lain untuk menjadi bakal calon Wakil Gubernur DKI Jakarta mendampingi Anies Baswedan.

"Bisa menjadi penengah buntunya sosok Wakil Gubernur. Rano Karno ini sudah terkenal sebelum menjadi politisi dan dapat diterima semua kelompok," kata dia.

2. Nama Anies hingga Ahok menguat di internal PDIP

Rano Karno Dinilai Bisa Bantu Anies Menang di Pilkada DKI Jakarta Anies dan Ahok (IDN Times/Aditya Pratama)

Sebelumnya, Ketua DPP PDI Perjuangan, Eriko Sotarduga, mengatakan nama Anies Baswedan hingga Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok menguat di internal PDIP untuk diusung pada Pilkada DKI Jakarta 2024.

"Kalau saya, saya sudah menyebutkan delapan. Tujuh saya sudah sebutkan namanya, tapi jujur kalau yang menguat itu ada 5, yang menguat ya, Pak Anies, Pak Ahok, Mas Andika, Bu Tri Risma sama Mas Djarot. Itu kalau yang kami melihat yang menguat ke arah sana," ujar Eriko kepada jurnalis, Senin (15/7/2024).

Baca Juga: Gibran Mundur dari Wali Kota Solo, PDIP: Aneh Kalau Sekarang

3. PDIP lakukan pengecekan ke masyarakat bawah

Rano Karno Dinilai Bisa Bantu Anies Menang di Pilkada DKI Jakarta Ketua DPP PDI Perjuangan, Eriko Sotarduga (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Menurutnya, DPD PDI Perjuangan DKI Jakarta masih mengecek langsung ke masyarakat mengenai nama-nama yang digodok partainya. Hal itu perlu dilakukan untuk mengetahui apakah nama-nama yang digodok pas atau tidak untuk diusung pada Pilkada DKI Jakarta 2024.

"Tapi siapa nanti yang diputuskan tentu itu kewenangan Ibu Ketua Umum dan sekarang sedang kita lakukan pengecekan sampai ke tingkat anak ranting, sampai tingkat RT/RW. Dan juga tentu kita tunggu juga hasil survei yang sedang berjalan," kata dia.

Baca Juga: Eriko: Kalau PDIP Usung Anies di Pilkada DKI, Cawagubnya Kader Kami

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya