Rakernas IV PDIP Fokus Bahas Kedaulatan Pangan hingga Pilpres

Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin diundang

Jakarta, IDN Times - DPP PDI Perjuangan (PDIP) akan menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IV dengan tema 'Kedaulatan Pangan untuk Kesejahteraan Rakyat' dengan subtema 'Pangan Sebagai Lambang Supremasi Kepemimpinan Indonesia Bagi Dunia'. Rakernas diselenggarakan dari 29 September hingga 1 Oktober 2023.

Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, menyampaikan ada sejumlah fokus pembahasan di Rakernas IV PDIP.

"Pertama, fokus kedaulatan pangan, hari kedua itu tertutup karena bahas Pileg, hari ketiga baru bahas Pilpres, sehingga ini satu napas," ujar Hasto di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Senin (25/9/2023).

Hasto mengatakan, Presiden Joko "Jokowi" Widodo dan Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin juga diundang dalam Rakernas IV PDI Perjuangan.

Baca Juga: Ini Alasan Kaesang Putra Jokowi Pilih Gabung ke PSI Ketimbang PDIP

1. Isu pangan lebih penting

Rakernas IV PDIP Fokus Bahas Kedaulatan Pangan hingga PilpresSekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto (IDN Times/Ilman)

Hasto mengatakan, pembahasan isu pangan itu lebih penting. Sebab, dunia sedang mengalami krisis pangan.

Oleh karena itu, perlu ada perhatian dan pembahasan khusus terkait isu pangan.

"Kita belum meyakini bahwa pangan itu bukan berkaitan dengan lumpur, pangan itu tidak berkaitan dengan kemiskinan, tetapi pangan itu berkaitan dengan harga diri, martabat, dan kepemimpinan Indonesia bagi dunia," ujar dia.

Baca Juga: PDIP Masih Buka Peluang Ganjar Duet dengan Prabowo di Pilpres 2024

2. PDIP ingin Rakernas IV mengeluarkan hasil yang bermanfaat bagi masyarakat

Rakernas IV PDIP Fokus Bahas Kedaulatan Pangan hingga PilpresSekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Dalam kesempatan itu, Hasto menegaskan, PDI Perjuangan ingin Rakernas IV mengeluarkan hasil yang bermanfaat bagi masyarakat.

"Rakernas IV diharapkan memiliki manfaat bagi rakyat Indonesia dan di situ lah PDI Perjuangan menawarkan suatu narasi tentang masa depan, jauh lebih penting dari orang per orang siapa yang akan jadi capres atau cawapres," kata dia.

Baca Juga: Ini Alasan Kaesang Putra Jokowi Pilih Gabung ke PSI Ketimbang PDIP

3. Ada pembahasan strategi Pilpres 2024

Rakernas IV PDIP Fokus Bahas Kedaulatan Pangan hingga PilpresSekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Lebih lanjut, kata Hasto, Rakernas IV PDIP juga akan membahas mengenai strategi pemenangan Pilpres 2024. Dia mengatakan, strategi itu meliputi konsep visi misi bagi capres-cawapres.

"Para capres dan cawapres, kalau itu berbasis kepintaran dalam memainkan kata-kata atau berbasiskan suatu ambisi untuk mengantar kekuasaan tanpa suatu narasi tentang konsepsi masa depan, maka ia adalah aktor politik yang siap melakukan apa pun demi elektoral," ujar dia.

"Kami bukan seperti itu. Kami membangun Indonesia Raya melalui penguatan partai politik yang bersekutu dengan ilmu pengetahuan, riset dan teknologi. Itulah, narasi yang kami tawarkan," ucapnya.

 


Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang. 

Baca Juga: Ganjar Pranowo Bagi-Bagi Uang Saat Lari Pagi, Begini Respons KPK

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya