Raih Skor Tertinggi, Kaltim Juara Pertama Fahmil Qur'an MTQ Nasional

Kaltim jadi tuan rumah MTQ Nasional 2024

Intinya Sih...

  • Kafilah Provinsi Kaltim juara pertama cabang Fahmil Qur'an putra dengan nilai tertinggi 1.910.
  • Sekretaris Daerah Kaltim memberikan apresiasi kepada peserta dan mengucapkan selamat atas prestasi mereka.

Jakarta, IDN Times - Pelaksanaan cabang lomba Musabaqah Tilawatil Qur'an Nasional (MTQN) Ke-30 yang berlangsung di Kota Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim) telah memasuki hari terakhir pada Sabtu (14/9/2024). 

Dalam babak final cabang Fahmil Qur’an golongan putra, Kafilah Provinsi Kalimantan Timur berhasil meraih juara pertama dengan nilai tertinggi 1.910, mengungguli Sumatera Selatan yang mendapatkan nilai 1.470, dan Riau dengan nilai 1.040.

Final lomba cabang Fahmil Qur'an putra dan putri dilaksanakan di Odah Etam, Jalan Gajah Mada, kawasan Kantor Gubernur Kaltim, Samarinda. Pada kesempatan itu, Sekretaris Daerah Kalimantan Timur, Sri Wahyuni turut hadir menyaksikan jalannya lomba dan memberikan apresiasi kepada peserta.

"Alhamdulillah, sempat spot jantung juga, tapi di akhir luar biasa performa anak kita. Selamat kepada kafilah putra cabang Fahmil Qur'an Provinsi Kalimantan Timur atas prestasi mereka menduduki peringkat pertama," ujar Sri Wahyuni dalam keterangannya, Minggu (15/9/2024).

Baca Juga: Acara Nikah Massal Ramaikan Gelaran MTQ Nasional ke-30 di Kaltim

1. Berlatih sejak 2020

Raih Skor Tertinggi, Kaltim Juara Pertama Fahmil Qur'an MTQ Nasionalkalimantan Timur Juara Pertama Cabang Fahmil Qur'an MYQ Nasional ke-30 Tahun 2024 (IDN Times/Istimewa)

Pelatih cabang Fahmil Qur’an Kaltim golongan putra, Samsiroh mengungkapkan rasa syukur dan bangga atas prestasi yang diraih anak asuhnya. Samsiroh menjelaskan bahwa latihan intensif yang dilakukan sejak 2020 akhirnya membuahkan hasil yang membanggakan.

"Kita bersyukur kepada Allah SWT atas nikmat yang luar biasa. Anak-anak putra yang saya latih sejak tahun 2020 kini mampu mengharumkan nama Kalimantan Timur dengan meraih juara pertama," ujarnya penuh haru.

Baca Juga: Ada Pameran Kaligrafi Dunia dari 36 Negara di MTQ Nasional 2024

2. Fahmil Qur'an disebut cabang paling menantang di MTQ Nasional

Raih Skor Tertinggi, Kaltim Juara Pertama Fahmil Qur'an MTQ Nasionalkalimantan Timur Juara Pertama Cabang Fahmil Qur'an MYQ Nasional ke-30 Tahun 2024 (IDN Times/Istimewa)

Samsiroh memuji dedikasi dan kegigihan anak-anak bimbingannya dalam mempersiapkan diri. Ia menambahkan bahwa cabang Fahmil Qur'an merupakan salah satu yang paling menantang di ajang MTQ Nasional karena mengharuskan peserta menguasai berbagai aspek, mulai dari terjemahan Al-Qur’an dan hadis hingga sejarah Islam, serta kisah para nabi dan sahabat.

Selama babak pertanyaan rebutan, Kafilah Kaltim tampil mendominasi. Bahkan, sebelum dewan hakim selesai membacakan soal, mereka kerap memotong dengan cepat dan langsung memberikan jawaban yang tepat, menunjukkan penguasaan mereka terhadap materi yang diujikan.

3. Cabang fahmil Qur'an diisi tiga orang per tim

Raih Skor Tertinggi, Kaltim Juara Pertama Fahmil Qur'an MTQ Nasionalkalimantan Timur Juara Pertama Cabang Fahmil Qur'an MYQ Nasional ke-30 Tahun 2024 (IDN Times/Istimewa)

Selain keberhasilan di golongan putra, prestasi Kaltim di cabang Fahmil Qur'an juga ditorehkan oleh kafilah golongan putri yang berhasil meraih juara kedua. Di cabang ini, Sumatera Selatan berhasil keluar sebagai juara pertama, sementara Jawa Timur menempati peringkat ketiga.

Cabang Fahmil Qur'an dalam MTQ terdiri dari tiga orang per tim. Peserta dituntut menjawab berbagai pertanyaan yang diajukan oleh juri, yang menguji pemahaman mereka terhadap Al-Qur’an, hadis, serta pengetahuan tentang dunia Islam secara menyeluruh. 

Topik:

  • Jujuk Ernawati

Berita Terkini Lainnya