10 Program Pramono Anung-Rano Karno, Mau Buat TransJakarta Laut

Ada program Jakarta bekerja hingga berkeadilan

Intinya Sih...

  • Pramono-Rano ingin menjadikan Jakarta sebagai kota global yang berdaya saing, menyejahterakan, dan berkelanjutan dengan empat misi utama.
  • Mereka memiliki 10 program kerja, termasuk Jakarta Belajar untuk wajib belajar 12 tahun, Jakarta Bugar dan Produktif di sektor kesehatan, serta Jakarta Bergerak untuk perluasan akses transportasi publik.

Jakarta, IDN Times - Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Pramono Anung-Rano Karno, memiliki visi untuk menjadikan Jakarta sebagai kota global yang berdaya saing, menyejahterakan, dan berkelanjutan. Pramono-Rano juga mengusung empat misi utama untuk membangun Jakarta sebagai kota global, sejahtera, dan berkelanjutan tersebut.

Empat misi ini mencakup pembangunan manusia, ekonomi, pemerintahan, dan lingkungan. Tujuannya, menjadikan Jakarta sebagai kota yang ramah bagi seluruh warganya, tanpa mengorbankan keberlanjutan dan keadilan sosial.

Selain itu, ada 10 program kerja dibuat Pramono Anung-Rano Karno apabila menang di Pilkada Jakarta 2024. Salah satunya TransJakarta Laut yang bisa beroperasi hingga Kepulauan Seribu.

Baca Juga: Visi Pramono-Rano Ingin Jadikan Jakarta Kota Global dan Berkelanjutan

1. Jakarta Belajar

10 Program Pramono Anung-Rano Karno, Mau Buat TransJakarta LautPramono Anung dan Rano Karno dalam acara bincang-bincang bersama awak media di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (7/9/2024).

Pramono-Rano memiliki program Jakarta Belajar. Program ini bertujuan untuk menuntaskan wajib belajar 12 tahun di Jakarta dengan meningkatkan akses pendidikan melalui penambahan kapasitas sekolah negeri bekerja sama dengan sekolah swasta.

Selain itu, mereka akan memberikan beasiswa perkuliahan melalui Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul (KJMU) dan memastikan penghasilan guru di Jakarta sesuai dengan UMP.

Pramono-Rano juga berkomitmen meningkatkan kompetensi tenaga pendidik dengan memberikan beasiswa magister dan doktoral bagi guru dan dosen di Jakarta. Mereka juga akan memperkuat pendidikan inklusif dan memastikan akses pendidikan yang berkualitas bagi penyandang difabel.

Baca Juga: 4 Misi Pramono-Rano: Membangun Manusia hingga Jakarta Bebas Bernapas

2. Jakarta Bugar dan Produktif

10 Program Pramono Anung-Rano Karno, Mau Buat TransJakarta LautPramono Anung dan Rano Karno menyapa warga di CFD Jakarta, Minggu (8/9/2024) (IDN Times/Istimewa)

Program berikutnya adalah Jakarta Bugar dan Produktif di sektor kesehatan. Mereka berfokus pada peningkatan layanan BPJS dengan mempercepat waktu tunggu dan meningkatkan kualitas pelayanan.

Khusus untuk Kabupaten Kepulauan Seribu, mereka akan menambah rumah sakit dan klinik apung, serta menyediakan hotline 24/7 untuk konseling masalah kesehatan psikologis guna mendukung produktivitas warga.

Baca Juga: Siap Temui Ridwan Kamil, Ahok: Saya Tetap Dukung Pramono-Rano

3. Jakarta Bekerja

10 Program Pramono Anung-Rano Karno, Mau Buat TransJakarta LautPramono Anung dan Rano Karno (Instagram.com/@si.rano)

Untuk menghadapi tantangan ketenagakerjaan, pasangan ini akan menyediakan sentralisasi informasi lowongan pekerjaan yang terintegrasi dengan aplikasi JAKI dalam program Jakarta Bekerja.

Mereka juga akan menggelar pelatihan bersertifikasi di setiap kecamatan serta memberdayakan masyarakat putus sekolah melalui program sertifikasi pelatihan.

4. Jakarta Bergerak

10 Program Pramono Anung-Rano Karno, Mau Buat TransJakarta LautPramono-Rano Karno periksa kesehatan (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Kemudian, program Jakarta Bergerak mencakup perluasan akses transportasi publik, termasuk integrasi MRT, LRT, TransJakarta, dan mikrotrans Jaklingko. Menariknya, Pramono-Rano berencana meluncurkan TransJakarta Laut yang akan melayani warga Kepulauan Seribu.

Selain itu, mereka berencana mempertahankan subsidi tarif transportasi berbasis Nomor Induk Kependudukan (NIK) melalui sistem Account Based Ticketing.

Baca Juga: Rano Karno soal Lepas Saham Bir Pemprov DKI: Nanti Kita Pelajari

5. Jakarta Berkeadilan

10 Program Pramono Anung-Rano Karno, Mau Buat TransJakarta LautBakal calon Gubernur-Wakil Gubernur DKI Jakarta, Pramono Anung-Rano Karno saat akan mendaftar ke KPU DKI Jakarta pada Rabu (28/8/2024). (IDN Times/Aryodamar)

Pramono-Rano berkomitmen untuk memberikan kepastian tempat tinggal yang layak bagi warga di kampung rakyat miskin Kota Jakarta lewat Jakarta Berkeadilan. Termasuk pengembalian hak warga Kampung Susun Bayam agar bisa kembali ke hunian mereka.

Program ini mencakup akses pelatihan UMKM dan modal kerja bagi masyarakat kurang mampu.

6. Jakarta Berdedikasi

10 Program Pramono Anung-Rano Karno, Mau Buat TransJakarta LautBakal calon Gubernur-Wakil Gubernur DKI Jakarta, Pramono Anung-Rano Karno naik oplet ke KPU DKI Jakarta pada Rabu (28/8/2024). (IDN Times/Eko Ardiyanto)

Kemudian, pasangan ini ingin mengoptimalkan kinerja dan pemanfaatan aplikasi Alpukat Betawi untuk layanan administrasi kependudukan melalui Jakarta Berdedikasi.

Mereka juga akan meningkatkan kapasitas RT, RW, Lurah, dan Camat agar layanan publik lebih cepat dan efisien.

7. Jakarta Bermukim

10 Program Pramono Anung-Rano Karno, Mau Buat TransJakarta LautPramono Anung dan Rano Karno selesai menjalani pemeriksaan kesehatan di RSUD Tarakan Jakarta, Cideng, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (30/8/2024) pada pukul 18.00 WIB. (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Untuk mengatasi masalah perumahan, Pramono-Rano berencana menyediakan hunian berbasis TOD (Transit Oriented Development) yang terintegrasi dengan transportasi publik. 

Pramono-Rano memastikan pembangunan hunian vertikal yang terjangkau dan berkualitas, terutama untuk pekerja produktif. Semua ini ada di dalam program Jakarta Bermukim.

Baca Juga: Markas Ganjar-Mahfud Jadi Rumah Pemenangan Pramono-Rano di Pilkada DKI

8. Jakarta Berseri (Bebas Banjir dan Polusi)

10 Program Pramono Anung-Rano Karno, Mau Buat TransJakarta LautBakal calon Gubernur dan bakal calon Wakil Gubernur DKI Jakarta, Pramono Anung-Rano Karno bertemu dengan mantan Gubernur DKI Jakarta 2007-2012, Fauzi Bowo atau Foke. (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Pramono-Rano juga punya program Jakarta Berseri (Bebas Banjir dan Polusi) yang akan fokus pada pengembalian sumur resapan serta pembangunan infrastruktur besar seperti Giant Sea Wall, waduk, dan kolam retensi.

Pramono-Rano akan memperbanyak alat pengukur polusi udara di berbagai titik di Jakarta dan meningkatkan kerja sama lintas provinsi untuk mengatasi polusi dari industri besar.

Selain itu, pasangan ini berjanji untuk meningkatkan cakupan layanan air bersih perpipaan menuju 100 persen, serta memperluas Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan Ruang Terbuka Biru (RTB).

9. Jakarta Berolahraga dan Berbudaya

10 Program Pramono Anung-Rano Karno, Mau Buat TransJakarta LautPramono Anung dan Rano Karno menyapa warga di CFD Jakarta, Minggu (8/9/2024) (IDN Times/Istimewa)

Di bidang olahraga dan budaya, mereka berjanji untuk menjadikan Jakarta International Stadium (JIS) sebagai homebase gratis bagi Persija lewat program Jakarta Berolahraga dan Berbudaya.

Pramono-Rano akan melakukan revitalisasi GOR Kecamatan dan RPTRA sebagai pusat olahraga dan budaya, serta memperkuat sentra kebudayaan Betawi di seluruh wilayah Jakarta.

10. Jakarta Berwisata

10 Program Pramono Anung-Rano Karno, Mau Buat TransJakarta LautKereta api yang berangkat dari Stasiun Gambir. (IDN Times/Herka Yanis)

Program terakhir adalah Jakarta Berwisata yang berfokus pada penguatan tata kelola wisata di Kepulauan Seribu, revitalisasi Pantai Marunda, serta peningkatan fasilitas museum dan situs sejarah di Jakarta.

Mereka juga akan mengembangkan kawasan Teluk Jakarta sebagai Water Front City yang modern, dengan ruang terbuka hijau tematik dan wisata berbasis lingkungan.

Dengan visi dan program yang komprehensif, Pramono Anung-Rano Karno berharap dapat membangun Jakarta sebagai kota global yang nyaman untuk ditinggali, ramah lingkungan, dan berkeadilan bagi semua warganya.

Baca Juga: Guntur Soekarnoputra Yakin Pramono-Rano Menang Pilkada Jakarta 2024

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari
  • Mohamad Aria

Berita Terkini Lainnya