Presiden Jokowi Resmikan Pembukaan Papua Street Carnival

Jokowi yakin industri kreatif Papua miliki potensi besar

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo meresmikan pembukaan Papua Street Carnival di area kantor Gubernur Papua, pada Jumat (7/7/2023). Dalam sambutannya, Jokowi yakin masyarakat Papua mampu melompat lebih tinggi untuk perubahan.

"Kalau tidak percaya silakan masuk ke lokasi pameran dan melihat sendiri betapa yang namanya packaging produk-produk Papua baik itu kopi, baik itu ikan asap, dan produk-produk lainnya yang berkaitan dengan fashion desainer betul-betul lompatannya kelihatan sekali. Desain-desain sangat bagus dikemas dalam kemasan, dalam packaging yang brand-nya didesain dengan sangat baik," ujar Jokowi dalam keterangannya yang diunggah di kanal YouTube Sekretariat Presiden.

"Tadi disampaikan oleh Menteri Parekraf (Pariwisata dan Ekonomi Kreatif), memproduksi handphone, memproduksi laptop, ini dilakukan bukan di Indonesia bagian barat, tetapi dilakukan di Indonesia bagian timur di Tanah Papua, sebuah lompatan," sambungnya.

Baca Juga: Kala Anak SD Tanya Jokowi: Kenapa Ibu Kota Tak Dipindahkan ke Papua?

1. Jokowi saksikan parade adat Papua

Presiden Jokowi Resmikan Pembukaan Papua Street CarnivalPresiden Jokowi meresmikan pembukaan Papua Street Carnival di area kantor Gubernur Papua, pada Jumat (7/7/2023) (dok. Sekretariat Presiden)

Dalam acara tersebut, Jokowi juga menyaksikan parade adat Papua. Parade diawali dengan persembahan Tari Fuu dan tifa raksasa. Masyarakat Papua memaknai tifa sebagai karya budaya yang dijadikan simbol jati diri, pemberi identitas, dan sarana penguat ikatan relasi sosial.

Kemudian, ada juga pertunjukan Tari Yospan yang merupakan tarian persahabatan rakyat Papua.

Baca Juga: Jokowi soal Pembebasan Pilot Susi Air: Kita Jangan Dilihat Diam

2. Jokowi harap Papua Street Carnival terus berlanjut

Presiden Jokowi Resmikan Pembukaan Papua Street CarnivalPresiden Jokowi meresmikan pembukaan Papua Street Carnival di area kantor Gubernur Papua, pada Jumat (7/7/2023) (dok. Sekretariat Presiden)

Dalam kesempatan itu, Jokowi berharap Papua Street Carnival bisa terus berlanjut di tahun berikutnya. Sebab, ini merupakan acara pertama kali digelar.

"Ini adalah awal munculnya industri kreatif yang ada di Tanah Papua dan kita harapkan ini terus berlanjut, dikelola oleh daerah sendiri, dimanajemeni oleh anak-anak muda Papua sendiri karena ini memang masih dibantu dari pusat," kata dia.

Baca Juga: Jawaban Jokowi Saat Ditanya Kenapa Ibu Kota Negara Bukan di Papua

3. Industri kreatif Papua dinilai miliki potensi besar

Presiden Jokowi Resmikan Pembukaan Papua Street CarnivalPresiden Joko Widodo di Papua (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Lebih lanjut, Jokowi menilai, industri kreatif Papua memiliki potensi yang besar. Oleh karena itu, potensi yang ada harus dikelola dengan baik.

"Ini kalau siang hari bagus, tapi kalau malam hari pasti lebih bagus dengan kostum-kostum yang tadi ditampilkan," kata dia.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan, salah satu grup yang ikut dalam Papua Street Carnival akan diundang ke Istana.

"Karena memang potensinya besar sekali. Mungkin satu atau dua grup nanti akan saya tampilkan di Istana," imbuhnya.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya