Presiden Jokowi Buka Jakarta Fair Kemayoran 2024

Jokowi sebut Jakarta Fair event yang ditunggu-tunggu

Intinya Sih...

  • Jokowi resmi membuka Jakarta Fair Kemayoran 2024, event tahunan yang ditunggu warga Jabodetabek dan Indonesia.
  • Jakarta Fair telah diselenggarakan sebanyak 55 kali dan mampu menyedot jutaan pengunjung, dengan 6 juta pengunjung pada tahun lalu.
  • Jakarta Fair diadakan sebagai bagian dari rangkaian perayaan HUT Jakarta ke-497, dengan tema mendukung pertumbuhan ekonomi nasional.

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo resmi membuka Jakarta Fair Kemayoran 2024. Jokowi mengatakan, Jakarta Fair merupakan event tahunan yang ditunggu warga.

"Jakarta Fair sebuah event yang sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat Jakarta dan juga warga Jabodetabek, serta Indonesia. Karena di sini, di Jakarta Fair, di Pekan Raya Jakarta ini masyarakat bisa mendapatkan hiburan dan juga belanja dengan harga yang terjangkau, baik itu kuliner, beragam kuliner, juga ada di sini wahana permainan, ada parade karnaval, ada konser, inilah yang menarik dari jakarta Fair," ujar Jokowi di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Rabu (12/6/2024).

Baca Juga: Catat, Ini Harga Tiket Masuk PRJ Jakarta Fair Kemayoran 2024

1. Jakarta Fair sudah diselenggarakan sebanyak 55 kali

Presiden Jokowi Buka Jakarta Fair Kemayoran 2024Presiden Jokowi Buka Event Jakarta Fair Kemayoran 2024 (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Jokowi mengatakan, Jakarta Fair sudah diselenggarakan sebanyak 55 kali. Ajang tersebut mampu menyedot jutaan pengunjung.

"Dan tahun lalu dikunjungi lebih dari 6 juta pengunjung. Ini juga sebuah prestasi yang luar biasa karena dikunjungi 6 juta pengunjung lebih ke Jakarta Fair," ucap dia.

"Karena sudah ditunggu oleh masyarakat, dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, saya buka Jakarta Fair Kemayoran 2024," sambung Jokowi.

2. Jakarta Fair bagian dari rangkaian perayaan HUT Jakarta

Presiden Jokowi Buka Jakarta Fair Kemayoran 2024Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono di pembukaan Jakarta Fair 2024 (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Dalam kesempatan itu, Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan, Jakarta Fair diadakan bagian dari rangkaian perayaan HUT Jakarta. Pada 2024 ini, Jakarta telah berusia 497 tahun.

"Jakarta Fair memiliki sejarah panjang yang mengakar dalam budaya Jakarta. Berawal dari pameran kecil di kawasan Monas, Jakarta Fair bertransformasi jadi pameran modern," kata Heru.

Heru menjelaskan, pada tahun 2023 ada 2.500 pameran di Jakarta Fair yang penyelenggaraannya berlangsung selama 3 hari.

"Penyelenggaraannya telah menghasilkan Rp7,3 triliun dengan total pengunjung sebanyak 6 juta orang. Adapun Jakarta Fair tahun ini mengangkat tema Jakarta Fair mendukung pertumbuhan ekonomi nasional dan mampu bersaing di pasar dunia," ucap dia.

3. Heru Budi ingin Jakarta sejajar dengan kota maju di dunia

Presiden Jokowi Buka Jakarta Fair Kemayoran 2024Pj. Gubernur DKI Jakarta kunjungi sembako murah jelang lebaran di Cengkareng, Jakarta Barat, Senin (25/3/2024). (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Lebih lanjut, Heru menginginkan Jakarta bisa sejajar dengan kota maju lainnya. Heru menjelaskan, berdasarkan penilaian Global City Index tahun 2023, Jakarta berada di peringkat ke-74.

"Ini penyemangat bagi pemerintah provinsi optimalkan potensi kota agar sejajar dengan kota maju di dunia. Ke depan, Jakarta Fair jadi sarana dalam mempromosikan keunggulan industri lokal dengan kualitas internasional," imbuhnya.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya