Presiden Jokowi Akan Pimpin Sidang Kabinet di IKN Besok

Jokowi juga akan resmikan proyek di IKN

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo akan memimpin Sidang Kabinet Paripurna di Istana Garuda Ibu Kota Nusantara (IKN), pada Jumat (13/9/2024) besok. Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden, Yusuf Permana, mengatakan agendanya dimulai pukul 09.00 WITA.

"Hari kedua di IKN, besok Bapak Presiden akan memimpin Sidang Kabinet Paripurna di Istana Garuda IKN pukul 09.00 WITA," ujar Yusuf kepada IDN Times, Kamis (12/9/2024).

1. Jokowi juga akan meresmikan sejumlah proyek di IKN

Presiden Jokowi Akan Pimpin Sidang Kabinet di IKN BesokPotret Presiden Jokowi berkantor di Istana Presiden IKN (dok. Sekretariat Presiden)

Selain itu, Presiden Jokowi akan meresmikan sejumlah proyek di IKN. Salah satunya yang akan diresmikan adalah Hotel Nusantara Swissotel.

"Bapak Presiden juga akan groundbreaking Mall Duty Free Nusantara di IKN," ucap Yusuf.

Baca Juga: Jokowi Ungkap Alasan Beri Arahan TNI-Polri di IKN: Ini Kota Masa Depan

2. Jokowi kumpulkan pejabat TNI dan Polri di IKN pada Kamis, 12 September 2024

Presiden Jokowi Akan Pimpin Sidang Kabinet di IKN BesokPresiden Jokowi dalam acara pengarahan pejabat TNI-Polri di IKN (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Diketahui, Presiden Jokowi memberikan pengarahan kepada para pejabat TNI dan Polri di IKN pada Kamis (12/9/2024). Acara ini digelar sebagai bagian dari upaya memperkuat komitmen TNI-Polri dalam menjaga stabilitas dan keamanan nasional, terutama dalam menghadapi tantangan masa depan.

Dalam arahannya, Presiden Jokowi menekankan pentingnya perubahan pola pikir dan pola kerja dalam menjalankan tugas-tugas kenegaraan. Presiden Jokowi Jokowi memulai dengan menyampaikan, setiap pemimpin memiliki visi besar yang ingin dicapai.

"Kita tahu setiap pemimpin pasti memiliki cita-cita, pasti memiliki visi, pasti memiliki mimpi besar yang ingin diraih, misalnya mewujudkan pembangunan Indonesia sentris dalam rangka pemerataan dan keadilan, bukan hanya Jawa sentris tapi Indonesia sentris," ujar Jokowi dalam pidatonya yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden.

3. Pindah ibu kota bukan hanya sekadar pindah fisik

Presiden Jokowi Akan Pimpin Sidang Kabinet di IKN BesokPresiden Jokowi dalam acara pengarahan pejabat TNI-Polri di IKN (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Presiden Jokowi juga menekankan, pemindahan ibu kota dari Jakarta ke IKN bukan sekadar perpindahan gedung atau tempat kerja. Ia berharap ada perubahan yang lebih mendasar dalam cara berpikir dan bekerja.

"Yang kita inginkan itu adalah perubahan pola pikir kita, pola kerja kita, dan budaya kerja kita. Dari yang tidak efisien menjadi efisien, dari yang berbelit-belit menjadi simpel dan sederhana," ucap dia.

Menurutnya, perubahan pola kerja ini sangat penting untuk membentuk karakter bangsa yang maju. Ia mengharapkan agar semangat memperbaiki tata kelola dan manajemen birokrasi dapat diimplementasikan oleh TNI dan Polri, sehingga mereka semakin profesional dan rakyat merasa semakin terlindungi dan diayomi.

"Semangat memperbaiki manajemen birokrasi, baik di TNI maupun Polri, agar semakin profesional dan rakyat makin merasa diayomi," ujar Jokowi.

Baca Juga: Kumpulkan TNI-Polri di IKN, Jokowi Bicara Pola Kerja Harus Berubah

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya