Prabowo Lapor Jokowi soal Kunjungan ke Paris hingga Temui Putin

Prabowo keliling Eropa pada 24-31 Juli 2024

Intinya Sih...

  • Prabowo laporkan hasil kunjungannya ke Eropa ke Presiden Jokowi.
  • Prabowo bertemu Presiden Prancis, Presiden Serbia, Presiden Turki, dan Presiden Rusia.
  • Pembahasan termasuk isu keamanan global, modernisasi alutsista, kerja sama politik dan ekonomi.

Jakarta, IDN Times - Menteri Pertahanan RI sekaligus Presiden terpilih periode 2024-2029 Prabowo Subianto menghadap Presiden Joko "Jokowi" Widodo di Istana Kepresidenan Jakarta. Prabowo akan melaporkan hasil kunjungannya ke sejumlah negara beberapa waktu lalu.

Sejak 24-31 Juli 2024, Prabowo keliling Eropa. Pertama, Prabowo bertemu Presiden Prancis Emmanuel Macron.

Kemudian berlanjut dengan Presiden Serbia Aleksander Vucicic, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, dan Presiden Rusia Vladimir Putin.

"Saya baru tiba kemarin sore, jadi hari ini saya minta waktu laporan kepada Presiden kunjungan saya kemarin, pembukaan Olimpiade bertemu empat mata dengan Presiden Macron, dan beberapa negara lainnya. Ya, Rusia, Turki, Serbia dan Albania," ujar Prabowo di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (2/8/2024).

Meski demikian, Prabowo enggan menjelaskan hal-hal yang bakal dilaporkan kepada Presiden Jokowi.

Baca Juga: Ke Prancis, Prabowo Disambut Macron di Istana Elysee

1. Prabowo bertemu Macron pada 24 Juli 2024

Prabowo Lapor Jokowi soal Kunjungan ke Paris hingga Temui PutinMenhan Prabowo (kemhan.go.id)

Prabowo bertemu Macron di Istana Elysee pada Rabu (27/7/2024). Pertemuan itu membahas mengenai isu keamanan global hingga modernisasi alutsista.

Selain itu, pembahasan dilanjutkan mengenai industri pertahanan, pendidikan dan latihan gabungan. Prabowo juga bertemu Presiden FIFA Gianni Infantino di Prancis.

Pada Senin (29/7/20240), Prabowo terbang ke Serbia untuk bertemu Presiden Aleksander Vucic. Keduanya membahas mengenai penguatan di bidang politik hingga kerja sama ekonomi.

"Bersama presiden terpilih RI sekaligus Menteri Pertahanan @prabowo, saya mendiskusikan cara untuk lebih mengembangkan hubungan persahabatan tradisional kami serta memperkuat kerja sama keseluruhan antara Indonesia dan Serbia. Kunjungan ini memberikan insentif yang signifikan untuk lebih meningkatkan hubungan erat negara kami," ujar Vucic melalui akun Instagram-nya.

Baca Juga: Begini Kerja Sama Prabowo dan Putin di Pariwisata hingga Pertahanan 

2. Bertemu Presiden Turki

Prabowo Lapor Jokowi soal Kunjungan ke Paris hingga Temui PutinPresiden terpilih Prabowo Subianto ketika bertemu dengan Menhan Turki Yaşar Güler di Ankara. (Dokumentasi KBRI Ankara)

Setelah itu, Prabowo bertemu Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Dalam pertemuan itu, Erdogan menyampaikan selamat kepada Prabowo yang terpilih menjadi Presiden RI.

"Merupakan suatu kehormatan besar bagi saya untuk diterima oleh Yang Mulia Recep Tayyip Erdoğan, Presiden Republik Turki, untuk membahas hubungan bilateral kita yang komprehensif," kata Prabowo.

Baca Juga: Temui Putin di Moskow, Prabowo Tertarik Kerja Sama Energi Nuklir

3. Apa yang dibahas Prabowo dengan Putin

Prabowo Lapor Jokowi soal Kunjungan ke Paris hingga Temui PutinPertemuan antara Prabowo Subianto dan Vladimir Putin. (dok. Tim Komunikasi Prabowo)

Pada Rabu (31/7/2024), Prabowo bertemu Presiden Putin. Pertemuan itu membahas kerja sama di bidang pendidikan, pariwisata, ketahanan pangan dan pertahanan.

"Penekanan utama saya pada bagian ketahanan pangan, keamanan energi, dan pendidikan," ujar Prabowo.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya