Perwakilan Warga Adat Kalimantan Hadiri HUT ke-79 RI di IKN

Warga adat mendukung IKN dibangun

Intinya Sih...

  • Warga adat mendukung pembangunan IKN di Kalimantan Timur sebagai ibu kota negara baru.
  • Peringatan HUT ke-79 RI digelar di IKN dan Istana Kepresidenan Jakarta, namun upacara hanya digelar di IKN.
  • Prosesi Kirab Bendera Sang Merah Putih dan Naskah Proklamasi dimulai pukul 09.15 WIB, dengan Presiden Jokowi sebagai inspektur upacara di IKN.

Jakarta, IDN Times - Sejumlah masyarakat adat di sekitar Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, turut diundang untuk hadir menyaksikan upacara peringatan HUT ke-79 Republik Indonesia. Salah satunya, perwakilan masyarakat Dayak Wehea, Legio Be Loang Song.

Legio mengaku bangga bisa hadir secara langsung ke IKN untuk menyaksikan secara langsung upacara peringatan HUT ke-79 RI.

"Kesan kami, saya sendiri, sangat bangga dengan adanya IKN yang ada di Kalimantan Timur. Senang sekali pertama kali dilaksanakan 17 Agustus 1945 ulang tahunnya pada hari ini dilaksanakan di IKN," ujar Legion di lokasi, Sabtu (17/8/2024).

Legion mengaku bangga Kalimantan menjadi Ibu Kota Negara. Dia berharap, pembangunan di IKN segera selesai. Pun, dia menegaskan masyarakat adat di lingkungannya mendukung pemindahan ibu kota ke IKN. 

"Jadi, kami merasa bangga karena selama ini belum pernah ikut. Hari ini, kami ikut, mendukung penuh IKN sampai tuntas," kata dia.

Sementara itu, perwakilan Paguyuban Warga Jember Samarinda, Saipul, juga mengaku mendapat undangan untuk hadir di upacara peringatan HUT ke-79 RI.

"Senang sekali. Kami ada kesempatan diundang, luar biasa. Tidak semua orang masalahnya bisa diundang kesini. Rasanya Paguyuban Jember dan warga-warga lainnya diundang kayanya. Jadi untuk menghadiri acara upacara di IKN ini yang perdana," kata Saipul.

Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 RI tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Peringatan HUT RI digelar di dua tempat, Ibu Kota Nusantara (IKN) dan Istana Kepresidenan Jakarta.

Namun, upacara peringatan HUT ke-79 RI hanya digelar di IKN. Ini merupakan kali pertama upacara 17 Agustus digelar di IKN.

Prosesi Kirab Bendera Sang Merah Putih dan Naskah Proklamasi dimulai pukul 09.15 WIB. Sedangkan upacara bendera dimulai pukul 10.00 WIB, ditandai dengan tembakan meriam sebanyak 17 kali.

Presiden Joko "Jokowi" Widodo menjadi inspektur upacara di IKN. Jokowi ditemani presiden terpilih Prabowo Subianto.

Sementara, Wakil Presiden Ma'ruf Amin menghadiri peringatan HUT RI di Istana Kepresidenan Jakarta. Ma'ruf ditemani wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka.

Baca Juga: Cuaca di IKN Cerah Berawan Jelang Upacara HUT ke-79 RI

Topik:

  • Satria Permana
  • Retno Rahayu

Berita Terkini Lainnya