Pertemuan 5 Parpol di Kantor PAN Bahas Fondasi Koalisi Besar

Belum ada pembahasan soal capres-cawapres 2024

Jakarta, IDN Times - Lima partai politik, yakni PAN, PPP, Golkar, Gerindra, dan PKB melakukan pertemuan dalam acara silaturahmi Ramadan di kantor DPP PAN pada Minggu (2/4/2023). Ketua Umum Golkar, Airlanggar Hartarto mengatakan, pertemuan itu turut membahas mengenai fondasi koalisi besar.

"Koalisi besar kan kemarin kita sudah bertemu secara silaturahmi, fondasinya sudah kita bahas," ujar Airlangga di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (4/4/2023).

Baca Juga: Koalisi KIB-KIR Bergabung? Prabowo: Ada Kecocokan 

1. Soal capres-cawarpes, dibahas dalam pertemuan selanjutnya

Pertemuan 5 Parpol di Kantor PAN Bahas Fondasi Koalisi BesarMenko Perekonomian, Airlangga Hartarto (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Airlangga mengatakan, pertemuan tersebut tidak membahas capres-cawapres 2024. Mengenai hal itu, kata Airlangga, akan dibahas dalam pertemuan selanjutnya.

"Terkait dengan kepemimpinannya di chapter berikut," kata dia.

Baca Juga: Demokrat Tak Khawatir Koalisi Besar, karena Sudah Ada Figur Anies

2. Buka peluang partai lain untuk bergabung

Pertemuan 5 Parpol di Kantor PAN Bahas Fondasi Koalisi BesarMenko Perekonomian, Airlangga Hartarto (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Lebih lanjut, Airlangga mengatakan, pihaknya membuka partai lain untuk bergabung dalam koalisi besar. Menurutnya, koalisi terbuka untuk semua partai.

"Kami juga membuka terhadap partai-partai yang ingin bergabung di dalam koalisi besar ini dan tentu antarpimpinan lima partai ini kami cukup cair dan kami akan terus berkomunikasi intens agar koalisi ini bisa terus menemukan bentuknya," ucap dia.

Baca Juga: KIB Tunggu Partai Lain Bergabung, Zulhas: Jadinya KIB "Plus-plus"

3. Jokowi jadi pendengar dalam pembahasan koalisi besar

Pertemuan 5 Parpol di Kantor PAN Bahas Fondasi Koalisi BesarPembahasan koalisi besar bersama Presiden Jokowi (dok. PAN)

Dalam pertemuan itu, Presiden Joko "Jokowi" Widodo turut hadir. Usai pertemuan, Jokowi enggan membeberkan hasil pembahasan. Dia mengaku hanya sebatas pendengar.

"Saya senang para ketua partai bisa bertemu dan silaturahmi, dan ini atas undangan dari Ketua PAN Bapak Zulkifli Hasan terhadap semua partai yang ada di pemerintah, dalam rangka membicarakan hal-hal yang berkaitan dengan komitmen kebangsaan dan keberlanjutan pembangunan ke depan, arahnya ke sana," ujar Jokowi.

"Nanti ditanyakan urusan itu kepada ketua-ketua partai atau gabungan partai yang sudah ada. Jangan ditanyakan kepada saya," imbuhnya.

Baca Juga: Jokowi Dengarkan Pembahasan Koalisi Besar di Kantor DPP PAN

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya