Pengamat Beri Poin 8,5 Ganjar, Prabowo 4,5 di Debat Ketiga Capres

Prabowo dinilai paling tidak siap menghadapi debat

Jakarta, IDN Times - Pengamat politik, Airlangga Pribadi Kusman, menilai penampilan calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo, paling baik di debat ketiga capres 2024, dibanding kandidat lainnya. Tema debat ketiga terkait dengan pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik.

Airlangga menilai, calon presiden nomor urut 2 yang juga menjabat sebagai Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto,  dinilai paling tidak siap menghadapi debat ketiga capres 2024.

"Apabila memberikan penilaian satu per satu dari para kandidat, maka terlihat bahwa Prabowo Subianto yang menjabat sebagai menteri pertahanan justru paling tidak siap dalam perdebatan yang fokus utamanya berada pada isu pertahanan itu sendiri," kata Airlangga dalam keterangannya, Senin (8/1/2024).

Baca Juga: Bicara Ekonomi Hijau, Ganjar: Eksploitasi Boleh, tapi..

1. Prabowo kerap menunjukkan emosinya

Pengamat Beri Poin 8,5 Ganjar, Prabowo 4,5 di Debat Ketiga CapresPrabowo Subianto dalam acara Debat Ketiga Capres yang diadakan oleh KPU di Istora Senayan pada Minggu (7/1/2024). (dok. TKN)

Airlangga mengatakan, Prabowo pada debat kerap menunjukkan sisi emosionalnya ketika mendengar argumen dari Ganjar ataupun calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan.

"Debat tadi malam memperlihatkan bahwa pencitraan dan komunikasi politik yang berusaha ditampilkan oleh tim Prabowo, tidak berhasil 'memoles' Prabowo yang dalam debat kemarin cenderung tidak dapat mengendalikan emosi, dan tidak siap untuk memberikan data yang memadai sehubungan dengan isu pertahanan maupun posisinya sebagai menteri pertahanan saat ini," ucap dia.

Baca Juga: Target Piala Dunia, Prabowo Teken Kerja Sama dengan Akademi Dunia

2. Ganjar dapat penilaian paling tinggi

Pengamat Beri Poin 8,5 Ganjar, Prabowo 4,5 di Debat Ketiga CapresSuasana debat ketiga KPU di Istora Senayan pada Minggu (7/1/2024). (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Airlangga kemudian memberikan penilaian terhadap masing-masing capres dari poin 1-10. Ganjar Pranowo mendapat skor 8,5.

"Untuk itu maka nilai yang bisa kami berikan pada Ganjar Pranowo adalah 8,5," kata dia.

3. Poin Anies dan Prabowo

Pengamat Beri Poin 8,5 Ganjar, Prabowo 4,5 di Debat Ketiga CapresPrabowo Subianto dan Anies Baswedan dalam acara Debat Ketiga Capres yang diadakan oleh KPU di Istora Senayan pada Minggu (7/1/2024). (youtube.com/KPU RI)

Untuk Anies, Airlangga memberikan poin 7,5. Sementara, Prabowo diberikan poin 4,5.

"Terkait dengan agresifitas dari Anies terhadap berbagai isu-isu utama tadi kami bisa memberikan nilai 7,5 kepada Anies Baswedan," imbuhnya.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya