Penampakan Tenda Kemah Jokowi di Titik 0 Kilometer IKN Nusantara

Hanya Gubernur Kaltim kepala daerah yang temani Jokowi kemah

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo diagendakan akan berkemah dan bermalam di titik 0 kilometer Ibu Kota Nusantara (IKN), Senin (14/3/2022).

Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, mengatakan saat ini Presiden Jokowi bersama Ibu Negara Iriana sudah berada di lokasi kemah.

"Ini sudah di lokasi titik untuk menginap," ujar Heru kepada wartawan, Senin.

Dalam foto yang dibagikan, Jokowi terlihat sedang duduk di kursi lipat di depan tenda. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengenakan kemeja putih dan celana panjang hitam.

Dia nampak sedang memperhatikan alam di sekitarnya. Tenda Jokowi itu terlihat berwarna cokelat dipadukan warna abu-abu. Di dalam tenda, terlihat ada kelapa muda, buah-buahan, dan air mineral.

Baca Juga: Presiden Jokowi Ajak Kepala-Wakil Otorita IKN Kemah di Titik Nol

1. Siapa yang akan menemani Jokowi saat berkemah?

Penampakan Tenda Kemah Jokowi di Titik 0 Kilometer IKN NusantaraPekerja menyelesaikan persiapan jelang seremoni ritual Kendi Nusantara di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Minggu (13/3/2022). (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/hp.)

Heru menjelaskan, kepala daerah yang akan menemani Jokowi berkemah hanya Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor. Sementara, sejumlah gubernur yang hari ini hadir di titik 0 kilometer IKN kembali ke daerahnya masing-masing.

"Semua pulang, kecuali gubenur Katim," katanya.

Heru menjelaskan, para gubernur yang lain pulang karena kondisi tempat yang terbatas. Selain itu, kontur tanah dan fasilitasnya juga tidak mencukupi untuk banyak orang.

Selain itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Menteri/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) hingga Kepala dan Wakil Kepala Badan Otorita IKN juga akan menemani Jokowi berkemah.

Baca Juga: Selain Kemah, Jokowi Bakal Ritual 'Kendi' di Titik Nol IKN Nusantara

2. Ada enam gubernur tak hadir saat proses penyatuan tanah dan air di IKN

Penampakan Tenda Kemah Jokowi di Titik 0 Kilometer IKN NusantaraProsesi penyerahan tanah dan air dari 34 provinsi di titik nol Ibu Kota Nusantara pada Senin (14/3/2022). (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Sebelumnya, Presiden Jokowi melakukan prosesi penyatuan tanah dan air dari 34 provinsi di titik 0 kilometer IKN Nusantara pagi tadi. Dalam prosesi tersebut, ada enam gubernur yang absen.

Namun, ada sejumlah perwakilan yang hadir dalam prosesi itu untuk menyerahkan tanah dan air dari daerahnya kepada Jokowi. Heru menjelaskan enam gubernur yang tidak hadir karena mereka sakit.

"Semua izin karena kesehatan kurang fit," ucapnya.

Berikut enam gubernur yang tidak hadir:

1. Gubernur Papua, Lukas Enembe diwakili oleh Asisten Bidang Administrasi Umum Setda Papua
2. Gubernur Bali, I Wayan Koster diwakili Wagub Bali Tjok Oka Artha.
3. Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie diwakili Wagub Gorontalo Idris Rahim.
4. Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman diwakili Wagub Bangka Belitung Abdul Fatah.
5. Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran diwakiliki Wagub Kalimantan Tengah Edy Pratowo.
6. Gubernur Banten, Wahidin Halim diwakili Wagub Banten Andika Hazrumy.

Baca Juga: Jokowi Gelar Prosesi Penyatuan Tanah dan Air dari 34 Provinsi di IKN

3. Penyatuan tanah dan air dari 34 provinsi di IKN sebagai bentuk kebhinekaan

Penampakan Tenda Kemah Jokowi di Titik 0 Kilometer IKN NusantaraProsesi penyerahan tanah dan air dari 34 provinsi di titik nol Ibu Kota Nusantara pada Senin (14/3/2022). (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Dalam pidatonya, Jokowi menyampaikan terima kasih kepada para gubernur yang telah membawa tanah dan airnya. Menurutnya, prosesi ini sebagai bentuk kebhinekaan.

"Baru saja tadi tanah dan air yang dibawa oleh 34 gubernur telah kita satukan di tempat yang akan menjadi lokasi Ibu KOta Nusantara, dan saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para gubernur. Ini merupakan bentuk dari kebhinekaan kita dan persatuan yang kuat diantara kita dalam rangka membangun Ibu Kota Nusantara ini," ujar Jokowi yang disiarkan langsung di kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menerangkan, pembangunan Ibu Kota Nusantara ini harus ada kolaborasi dari semua pihak. Mulai dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, TNI-Polri, swasta dan masyarakat.

"Ini akan sangat membantu agar apa yang kita cita-citakan ini bisa segera terwujud," kata Jokowi.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya