Warga Jakarta Diminta WFH 5 September, Ada Misa Agung Paus Fransiskus

Paus Fransiskus akan bertemu Jokowi pada 4 September 2024

Intinya Sih...

  • Paus Fransiskus akan berkunjung ke Indonesia pada 3-6 September 2024.
  • Paus Fransiskus akan memimpin Misa Akbar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada 5 September 2024.
  • Jakarta juga menjadi tuan rumah Indonesia Sustainability Forum (ISF) di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan pada tanggal yang sama.

Jakarta, IDN Times - Pemimpin tertinggi Gereja Katolik, Paus Fransiskus akan berkunjung ke Indonesia pada 3-6 September 2024. Plt Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, mengatakan Paus Fransiskus juga akan memimpin Misa Akbar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada 5 September 2024.

Heru mengatakan, acara tersebut diprediksi akan menghadirkan ribuan jemaat. Oleh karena itu, Heru mengimbau pekerja yang ada di Jakarta untuk bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH), pada 5 September 2024.

"Puncak kunjungan Paus Fransiskus adalah Misa di GBK yang akan dihadiri ribuan umat Katolik dari berbagai daerah. Untuk menghindari kemacetan dan meminimalkan gangguan, kami meminta masyarakat untuk mempertimbangkan bekerja dari rumah," kata Heru Budi dalam konferensi pers di Kompleks Istana Kepresidenan, Senin (26/8/2024).

Baca Juga: Kunjungan Paus Fransiskus Bawa Pesan Damai Dunia ke Indonesia

1. 5 September 2024 juga ada acara ISF

Warga Jakarta Diminta WFH 5 September, Ada Misa Agung Paus FransiskusPj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono bersama Menkes Budi Gunadi Sadikin launching ILP di Puskesmas Tebet, Selasa, (6/8/2024). (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Selain Misa Akbar, pada tanggal yang sama, Jakarta juga menjadi tuan rumah Indonesia Sustainability Forum (ISF) di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan. Kedua acara besar yang berlangsung berdekatan ini diprediksi akan menimbulkan kemacetan parah di kawasan Senayan dan sekitarnya.

"Ada dua acara besar yang akan menarik perhatian banyak orang, tidak hanya dari dalam negeri tetapi juga dari luar negeri. Kami perlu memastikan semuanya berjalan lancar," ucap Heru.

Heru menekankan pentingnya kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat untuk mengatasi tantangan yang muncul pada hari tersebut.

"Dengan adanya dua kegiatan besar, penting bagi kita semua untuk berpartisipasi. Kami sangat berharap masyarakat bisa mencermati situasi ini dan memilih WFH sebagai langkah preventif," ujarnya.

2. Paus Fransiskus juga akan bertemu dengan Jokowi

Warga Jakarta Diminta WFH 5 September, Ada Misa Agung Paus FransiskusPresiden Jokowi berikan komentar soal putusan MK. (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Paus Fransiskus dijadwalkan tiba di Jakarta pada 3 September 2024, setelah perjalanan dari Roma, Italia. Keesokan harinya, 4 September 2024, Paus Fransiskus akan bertemu Presiden Joko "Jokowi" Widodo di Istana Merdeka, Jakarta.

Pemimpin gereja katolik di Indonesia juga akan mendampingi Paus saat bertemu dengan Presiden Jokowi.

"Kami ingin semua pihak bisa merasakan kedamaian dan kelancaran dalam acara ini. Oleh karena itu, kami meminta kerja sama semua warga Jakarta," tegas Heru.

Baca Juga: Paus Fransiskus Tandatangani Deklarasi Jakarta-Vatikan

3. Heru jelaskan mengenai acara ISF

Warga Jakarta Diminta WFH 5 September, Ada Misa Agung Paus FransiskusPJ Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono kunjungi korban kebakaran Manggarai (instagram.com/herubudihartono)

Dalam kesempatan itu, Heru menjelaskan mengenai acara ISF yang berlangsung di JCC Senayan juga tidak kalah penting. Forum ini akan dihadiri oleh berbagai tokoh internasional yang membahas isu-isu keberlanjutan dan masa depan bumi. Heru menegaskan bahwa kehadiran tamu-tamu penting ini membuat arus lalu lintas di kawasan Senayan akan semakin padat.

Untuk itu, pemerintah daerah sudah mempersiapkan langkah-langkah pengamanan dan pengaturan lalu lintas yang lebih ketat.

"Kami telah berkoordinasi dengan berbagai pihak, termasuk kepolisian, untuk memastikan keamanan dan kelancaran acara. Namun, peran aktif masyarakat dengan bekerja dari rumah sangat diperlukan," imbuhnya.

Baca Juga: Paus Fransiskus Kecam Larangan Ukraina terhadap Gereja Ortodoks Rusia

Topik:

  • Anata Siregar
  • Mohamad Aria

Berita Terkini Lainnya