PDNS 2 Diretas, Dirjen Aptika Kominfo Mengundurkan Diri

Mundur sebagai bentuk tanggung jawab moral

Jakarta, IDN Times - Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Aptika) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Semuel Pangerapan Abrijani mengundurkan diri dari jabatannya. Surat pengunduran diri sudah diserahkan kepada Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi pada Rabu (3/7/2024).

"Inilah waktu saya berpisah, saya menyatakan bahwa per tanggal 1 Juli kemarin, saya sudah mengajukan pengunduran diri saya secara lisan dan suratnya sudah saya serahkan kemarin kepada Menteri Kominfo," ujar Semuel dalam konferensi pers di Kemenkominfo, Jakarta, Kamis (4/7/2024).

Semuel mengatakan, alasannya mengundurkan diri terkait dengan kasus peretasan Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 yang hingga kini tak kunjung membaik.

"Kejadian ini bagaimanapun juga secara teknis adalah tanggung jawab saya sebagai Dirjen pengampu dalam proses transformasi pemerintahan. Secara teknis jadi saya mengambil tanggung jawab, ini moral dan saya menyatakan harusnya selesai di saya," kata dia.

"Karena ini adalah masalah yang harusnya saya tangani dengan baik. Itu alasan utamanya," sambungnya.

Semuel menyampaikan, Kemenkominfo terus berusaha memulihkan PDNS 2. Dia juga mengaku tak tahu siapa yang akan menggantikannya.

Baca Juga: Siapa Brain Cipher, Hacker yang Kunci Data Penting di PDNS 2 Surabaya?

Baca Juga: Komnas HAM Minta Aparat Selidiki Serangan Ransomware ke PDNS Surabaya

Baca Juga: Pakar TI: Brain Cipher Dicurigai Baru Beri Kunci PDNS 8 Tahun Lagi

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya