PDIP DKI Usulkan Anies Baswedan Jadi Cagub Jakarta ke Megawati

Ada 10 nama yang diusulkan DPD PDIP DKI

Intinya Sih...

  • DPD PDIP DKI Jakarta mengusulkan 10 nama bakal calon Gubernur DKI Jakarta ke DPP PDI Perjuangan.
  • Salah satunya adalah eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, yang masuk dalam surat usulan tersebut.
  • Dari 10 nama itu, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri akan memilih satu kandidat yang cocok di Pilgub DKI Jakarta.

Jakarta, IDN Times - Sekretaris DPD PDIP Perjuangan DKI Jakarta Pantas Nainggolan mengatakan sudah mengirimkan surat usulan bakal calon Gubernur DKI Jakarta ke DPP PDI Perjuangan. Pantas mengatakan, ada 10 nama yang diusulkan DPD PDIP DKI Jakarta.

Salah satu nama yang masuk dalam surat usulan itu adalah eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Sudah disampaikan semua nama-nama yang terjaring, termasuk Anies," ujar Pantas kepada jurnalis, Rabu (12/6/2024).

Baca Juga: Janji Anies Bila Maju Pilkada Jakarta 2024, JIS Jadi Rumah Persija

1. Surat usulan diberikan sebelum Rakernas V PDIP

PDIP DKI Usulkan Anies Baswedan Jadi Cagub Jakarta ke MegawatiKetua Panitia Khusus (Pansus) Jakarta Pasca-pemindahan Ibu Kota Negara (IKN), Pantas Nainggolan. (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Pantas mengatakan, surat usulan nama-nama bakal calon Gubernur DKI Jakarta itu dikirim sebelum Rakernas V PDI Perjuangan pada akhir Mei 2024. Dari 10 nama itu, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri akan memilih satu kandidat yang cocok di Pilgub DKI Jakarta.

"Itu kan masih proses tahap awal, masih akan ada proses tahap berikutnya di DPP. Tinggal di DPP-nya digodog berdasarkan tidak ada satu partai pun yang bisa menguaung sendiri kan di DKI Jakarta. Nah maka kondisi kondisi seperti itu mau tidak mau kan harus jadi pertimbangan pertimbangan. Jadi tidak bisa juga ngotot-ngototan," kata dia.

Baca Juga: Duet Anies-Andika Diyakini Bisa Tumbangkan Ridwan Kamil di Pilgub DKI

2. Ada Andika Perkasa

PDIP DKI Usulkan Anies Baswedan Jadi Cagub Jakarta ke MegawatiWakil Ketua TPN, Jenderal (Purn) Andika Perkasa (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Selain itu, mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa juga diusulkan DPD DKI Jakarta menjadi bakal calon Gubernur DKI Jakarta.

"Andika juga kita usulkan, walaupun dia kan lebih dekat ke DPP, yah jadi kalo kader-kader itu lebih sebenarnya lebih ke perintah partai saja kan, kalau kader-kader internal partai," ucap dia.

Baca Juga: Anies: Tugas Saya Belum Selesai di Jakarta

3. Ketua DPRD DKI Jakarta juga masuk dalam usulan

PDIP DKI Usulkan Anies Baswedan Jadi Cagub Jakarta ke MegawatiKetua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi/ dok DPRD

Dalam kesempatan itu, Pantas menyebut Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi juga masuk dalam usulan bakal calon Gubernur DKI Jakarta.

"Pak Pras masuk juga," ujar Pantas.

Pantas menambahkan, DPD PDI Perjuangan DKI Jakarta juga sudah menjalin komunikasi dengan partai lain.

"Kalau kita sih di level DKI komunikasi dengan semua partai. Tetapi kan kapasitas karena posisinya sebagai ibu kota, posisi DPP-nya kan ada di sini juga. Jadi itu menjadi level nasional juga," imbuhnya.

Topik:

  • Dheri Agriesta
  • Mohamad Aria

Berita Terkini Lainnya