PDIP Gembira Usai NasDem Deklarasi Dukung Anies Maju Pilkada DKI

PDIP anggap semua yang maju di Pilkada harus diapresiasi

Intinya Sih...

  • PDIP menyambut dukungan NasDem terhadap Anies Baswedan maju pada Pilkada DKI Jakarta 2024
  • PDIP menganggap semua orang yang ingin maju dalam pilkada harus diapresiasi, termasuk Anies Baswedan

Jakarta, IDN Times - PDI Perjuangan (PDIP) menyambut senang NasDem yang telah mendeklarasikan untuk mendukung Anies Baswedan maju pada Pilkada DKI Jakarta 2024. Ketua Tim Pemenangan Pilkada Nasional PDI Perjuangan, Adian Napitupulu, mengatakan, apabila ada orang yang mau menjadi kepala daerah harus diapresiasi.

"Ketika ada partai yang mendukung salah satu calon, mau PKS, NasDem, Gerindra, dan sebagainya, mereka kan sedang menjalankan amanat konstitusi sebagai parpol dan kita senang dong," ujar Adian dalam keterangannya, Selasa (23/7/2024).

Baca Juga: Nasib PDIP Usai PKS-Demokrat Usung Didik-Gilang di Pilkada KBB

1. PDIP gembira

PDIP Gembira Usai NasDem Deklarasi Dukung Anies Maju Pilkada DKIKetua Tim Pemenangan Pilkada Nasional PDI Perjuangan, Adian Napitupulu (IDN Times/Istimewa)

Adian mengaku, PDIP gembira dengan majunya Anies pada Pilkada DKI Jakarta 2024. Menurutnya, semua orang yang ingin maju pada kontestasi pilkada harus disambut baik.

"Ada Pak Anies maju, kita gembira, semua tokoh-tokoh bangsa yang maju dalam pilkada di kabupaten, kota, gubernur harus kita sambut dengan riang gembira dari partai mana pun. Itu artinya, bangsa ini tidak kekurangan orang baik, tidak kekurangan tokoh-tokohnya," kata dia.

Meski demikian, PDIP masih belum mengumumkan akan mendukung siapa pada Pilkada DKI Jakarta. PDIP juga tidak akan terpengaruh dengan lawan politiknya.

"Kita tidak akan terpengaruh sama pernyataan KIM (Koalisi Indonesia Maju), kita tidak akan terpengaruh sama pernyataan siapa-siapa, (karena) kita akan bisa berpengaruh ketika rakyat memintanya. Permintaan KIM tak akan berpengaruh sama kita, tapi kalau permintaan rakyat, pasti kita ikuti," ucap dia.

Baca Juga: NasDem Resmi Dukung Anies, Bagaimana Nasib Anies-Sohibul?

2. Dukungan resmi disampaikan di DPP NasDem

PDIP Gembira Usai NasDem Deklarasi Dukung Anies Maju Pilkada DKINasDem dukung Anies Baswedan maju di Pilkada DKI Jakarta pada Senin (22/7/2024). (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Sebelumnya, NasDem resmi mendeklarasikan dukungannya terhadap Anies Baswedan maju sebagai bakal Calon Gubernur dalam Pilkada DKI Jakarta 2024. Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai NasDem, Hermawi Taslim, menjelaskan dukungan terhadap Anies itu merupakan hasil dalam rapat yang dipimpin langsung oleh Ketua Umum NasDem, Surya Paloh, Senin (22/7/2024).

"Kami telah membulatkan tekad, menyepakati Pilkada DKI, Pak Surya Paloh yang pimpin rapat tadi menetapkan Bapak Anies Baswedan sebagai cagub," kata Hermawi dalam jumpa pers di Kantor DPP NasDem, Jakarta Pusat.

Baca Juga: Alasan NasDem Usung Anies di Pilkada Jakarta: Diidam-idamkan Warga

3. NasDem bebaskan Anies pilih bakal calon wakil gubernur

PDIP Gembira Usai NasDem Deklarasi Dukung Anies Maju Pilkada DKIPenetapan dukungan NasDem terhadap Anies Baswedan dalam Pilkada DKI Jakarta (IDN Times / Yosafat Diva Bayu)

Hermawi menegaskan, NasDem memberikan kebebasan sepenuhnya kepada Anies untuk memilih siapa bakal calon wakil gubernurnya.

"Pak Anies juga diberikan kebebasan sepenuhnya untuk menentukan siapa wakilnya. Kemudian, kami juga akan deklarasi dengan pasangan Pak Anies akan menentukan wakilnya selambat-lambatnya, 22 Agustus 2024. Tapi bisa dipercepat kalau Pak Anies menyelesaikan PR-nya dalam waktu dekat," ujar Hermawi.

Baca Juga: NasDem Bantah Pertemuan dengan PSI Bahas Duet Anies-Kaesang

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya