PDIP: Bukan Batal Usung, Kami Tak Pernah Umumkan Anies

Sejak awal PDIP berkomunikasi dengan Anies dan tokoh lain

Jakarta, IDN Times - Juru bicara PDI Perjuangan (PDIP), Chico Hakim, membantah partainya batal mengusung Anies Baswedan di Pilkada DKI Jakarta 2024. Dia mengatakan, PDIP memang tidak pernah mengumumkan mengusung Anies.

"Sebenarnya kita tidak bisa mengatakan 'tidak jadi' atau 'batal', karena memang belum pernah diputuskan sama sekali kalau kita akan mengusung Pak Anies atau tidak, dan memang sejak awal sering saya sampaikan di berbagai media dan senior-senior kami menyampaikan tentunya sebagai partai kader, mendahului atau memprioritaskan kader," ujar Chico kepada IDN Times, Rabu (28/8/2024).

Chico mengatakan, putusan Mahkamah Konstitusi (MK) tentang peraturan Pilkada membuat angin segar buat PDIP.

"Dan sudah berulang kali kita sampaikan dan pada akhirnya itulah yang menjadi kenyataan, karena kita mampu diperbolehkan oleh undang-undang setelah keputusan MK mengusung kader sendiri," kata dia.

Menurut Chico, sejak awal PDIP juga terbuka dan membangun komunikasi dengan Anies dan tokoh lainnya.

"Kami tidak pernah secara mensyaratkan secara eksplisit untuk non-kader yang maju diusung oleh kami, harus masuk sebagai anggota dari partai kami. Jadi saya rasa itu alasan utama lebih ke alasan internal, yaitu ideologi dan sistem kaderisasi, keutamaan kader internal, ini yang terjadi juga di Jawa Tengah," kata dia.

Secara terpisah, juru bicara Anies Baswedan, Sahrin Hamid, mengatakan pihaknya menghormati keputusan PDIP.

"Pada prinsipnya Anies menghormati keputusan partai," ucap Sahrin

Sahrin mengatakan, Anies Baswedan berjuang di dalam maupun di luar pemerintahan sama-sama terhormatnya.

"Sehingga di mana pun berada, yang terpenting adalah tetap berada dan setia di garis perjuangan rakyat yakni mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia," imbuhnya.

Baca Juga: PDIP Harap Anies Bisa Jadi Tim Pemenangan Pramono-Rano di Pilkada DKI

Topik:

  • Rochmanudin
  • Mohamad Aria

Berita Terkini Lainnya